Framing media NU Online dalam berita aplikasi Snack Video haram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Nurul (2022) Framing media NU Online dalam berita aplikasi Snack Video haram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fauziah_B71218078 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Aplikasi penghasil uang viral bernama Snack Video menghadirkan pemberitaan di portal media Islam online, yaitu NU Online, yang memberitakan bahwa aplikasi Snack Video termasuk money game dan hukumnya haram. Pemberitaan tersebut menimbulkan beragam persepsi bagi pembaca media NU Online dan sebagian besar muslim di Indonesia yang juga tidak dipungkiri pasti bermain aplikasi Snack Video. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat ditarik sebuah rumusan masalah tentang bagaimanakah framing media NU Online terhadap berita Aplikasi Snack Video Haram? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana peneliti menelaah permasalahan secara mendalam dan terdeskripsi secara jelas. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki untuk mengetahui ideologi media ketika mengonstruksi fakta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa NU Online menyampaikan berita aplikasi Snack Video haram sebagaimana struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris dalam analisis framing Pan dan Kosicki. Berita tersebut ditujukan kepada masyarakat homogen, yaitu umat Islam saja. NU Online sebagai media Islam di bawah pondasi organisasi Nahdlatul Ulama menjelaskan berita aplikasi Snack Video haram berdasarkan analisis hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, Nurulziaiya123@gmail.comB71218078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Media Sosial
Penyiaran Islam
Keywords: Aplikasi Snack Video; haram; NU Online; media dakwah; analisis framing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurul Fauziah
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:34
Last Modified: 23 Sep 2022 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56333

Actions (login required)

View Item View Item