Tanda-tanda kekerasan dalam Film Taken 2: analisis teori semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzia, Riani Nur (2022) Tanda-tanda kekerasan dalam Film Taken 2: analisis teori semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riani Nur Fauzia_E01218020 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam skripsi ini membahas tentang tanda-tanda kekerasan yang mengarah kepada Islamophobia. Di era yang semakin berkembang populitas manusianya, tanda-tanda kekerasan sangat penting untuk dikaji karena maraknya phobia pada Islam itu sendiri. Film taken 2 sebagai bahan penelitian, yang di dalamnya berisi gambaran atau dialog yang mengarah pada Islamophobia. Sebagai bahan analisis, peneliti menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Permasalahan utama yaitu, bagaimana karakteristik Islamophobia dan bagaimana makna denotasi, konotasi serta mitos dalam film taken 2 menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui karya yang terdapat di library research. Hasil penelitian ini diperoleh dari gambar, symbol dan tanda yang diperankan oleh beberapa tokoh dalam film taken 2. Dimana, tanda-tanda kekerasan ke arah Islamophobia ditunjukkan melalui aksi negatif untuk membalas kejahatan yang telah dilakukan. Penelitian ini memberikan pemahaman bahwa aksi kekerasan dibangun oleh orang-orang yang menganut agama Islam karena dilatarbelakangi oleh dendam tindak kejahatan yang telah dilakukan oleh Bryan Mills dari pihak Barat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzia, Riani Nurrianifauzia2298@gmail.comE01218020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlamsyah, Anas Aminanas.amin.alamsyah@gmail.com2029047001
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Film
Teroris
Keywords: Islamophobia; Film Taken 2; semiotika Roland Barthes
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Riani Nur Fauzia
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:47
Last Modified: 13 Oct 2022 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57280

Actions (login required)

View Item View Item