Implementasi manajemen donatur berdasarkan Customer Relationship Management (Crm) di LAZNAS DT Peduli Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaini, Julianinggar Lusiana (2022) Implementasi manajemen donatur berdasarkan Customer Relationship Management (Crm) di LAZNAS DT Peduli Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Julianinggar Lusiana Isnaini_G05218014 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam menarik minat donatur sebuah lembaga amil zakat harus mampu me-manajemen lembaga dengan efisien sesuai dengan ajaran syariah. Disamping itu perlu membangun hubungan dengan donatur yang berorientasi jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tentang bagaimana manajemen donatur yang dilakukan LAZNAS DT Peduli Surabaya dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM) model IDIC (Identifikasi, Differensiasi, Interaksi, Customization) dalam menciptakan rasa loyal donatur. CRM IDIC dikemukakan oleh Don Peppers dan Martha Rogers yang memiliki perusahan konsultas manajemen berbasis pelanggan. Penelitian menggunakan field research atau penelitian di lapangan yaitu di LAZNAS DT Peduli Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang disajikan secara faktual berdasarkan keadaan sesungguhnya. Kemudian teknik pengolahan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi. Teori yang digunakan yaitu teori Customer Relationship Management (CRM) dan loyalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan CRM DT Peduli Surabaya melewati proses lengkap mengacu pada aktivitas CRM dari Peppers dan Rogers mulai mengidentifikasi prospek donatur, mendiferensiasi atau mengelompokkan donatur, melakukan interaksi dengan banyak kegiatan, hingga menyesuaikan kebutuhan donaturnya. Faktor pendukung dan juga beberapa penghambatnya berasal dari sektor internal maupun eksternal lembaga. Dari internal meliputi kelengkapan database yang dimiliki dan santri amil atau sumber daya manusia DT Peduli Surabaya. Faktor eksternal meliputi mitra lembaga dan target lembaga kerjasama. Semua faktor memiliki peran sebagai pendukung yang besar dan juga sebagian kecil adalah penghambat. Namun karena solidaritas santri amil DT Peduli Surabaya dalam mengimplementasikan CRM untuk manajemen donatur mampu menciptakan loyalitas donatur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaini, Julianinggar Lusianajulianinggarlusiana00@gmail.comG05218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Lianlian.fuad@uinsby.ac.id2121048502
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Manajemen Strategi
Wakaf
Zakat
Keywords: Manajemen; Customer Relationship Management (CRM); IDIC
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Julianinggar Lusiana Isnaini
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:39
Last Modified: 13 Oct 2022 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57284

Actions (login required)

View Item View Item