فعالية تطبيق وسيلة تعليم اللغة العربية ببرنامج فوجوسكي لتنمية الاهتمام ومهارة القراءة لدى تلاميذ الفصل السابع مدرسة بئر العلوم المتوسطة الإسلامية بغدانجان سيدووارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'shum, Ahmad (2022) فعالية تطبيق وسيلة تعليم اللغة العربية ببرنامج فوجوسكي لتنمية الاهتمام ومهارة القراءة لدى تلاميذ الفصل السابع مدرسة بئر العلوم المتوسطة الإسلامية بغدانجان سيدووارجو. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Ma'shum_F02618233.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kegiatan pembelajaran bahasa Arab yang selalu menggunakan media cetak sederhana seperti buku LKS sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang memperhatikan materi yang diajarkan. Padahal media pembelajaran adalah salah satu unsur dasar dalam pembelajaran dan tentunya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Pada saat ini, terdapat beraneka macam media pembelajaran dalam bentuk aplikasi komputer dan salah satunya adalah aplikasi Focusky. Dalam penelitian ini, penulis bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi “Focusky” dalam meningkatkan perhatian dan maharah qiroah siswa kelas tujuh di MTs Bi’rul Ulum Gedangan Sidoarjo. 2) bagaimana keefektifan penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi “Focusky” dalam meningkatkan perhatian siswa kelas tujuh di MTs Bi’rul Ulum Gedangan Sidoarjo. 3) bagaimana keefektifan penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi “Focusky” dalam meningkatkan maharah qiroah siswa kelas tujuh di MTs Bi’rul Ulum Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni dengan desain Posttest Only Control Group Design. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran Focusky dan kelas VII B sebagai kelas kontrol menggunakan media pembelajaran tradisional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Adapun teknik analisis data diambil dari hasil angket dan tes yang dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian untuk penerapan media aplikasi Focusky dalam pembelajaran bahasa Arab adalah berhasil karena nilai rata-rata observasi sebesar 79,95 lebih tinggi dibanding pembelajaran menggunakan media cetak sederhana dengan rata-rata nilai sebesar 62,2. Dan berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai perhatian dan maharah qiro’ah dalam pembelajaran bahasa arab dengan menerapkan media Focusky dibandingkan menggunakan media tradisional di kelas VII Mts Bi’rul Ulum Sidoarjo. Hal ini ditunjukkan dari hasil Uji T pada angket perhatian, nilai sig. (2-tailed) = 0,005 < 0,05 maka Ha diterima dan hasil dari Uji T pada tes, nilai sig. (2-tailed) = 0,003 < 0,05 maka Ha diterima. Hal ini berarti penerapan media pembelajaran bahasa arab berbasis aplikasi Focusky efektif dalam meningkatkan perhatian dan maharah qiro’ah siswa kelas tujuh di MTs Bi’rul Ulum Gedangan Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'shum, Ahmadmaxum.cfc@gmail.comF02618233
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, Mohammadzahwa.tirfa@gmail.com2022026901
Thesis advisorBaihaqi, Muhammadbaihaqi.sby@gmail.com2020027401
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media Pembelajaran; Focusky; Perhatian; maharah qiro'ah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: M.Pd Ahmad Ma'shum
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:26
Last Modified: 04 Nov 2022 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57392

Actions (login required)

View Item View Item