strategi pengelolaan media dakwah digital: studi pada akun instagram @surabayamengaji

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ansyori, Muh (2022) strategi pengelolaan media dakwah digital: studi pada akun instagram @surabayamengaji. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh Ansyori_B71218072.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Instagram akun @surabayamengaji dalam meningkatkan keterlibatan mad’u. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan analisis aspek share, optimize, manage dan engage berdasarkan teori Circular Model of Social Communication oleh Regina Luttrell. Untuk mendeskripsikan permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Peneliti melakukan teknik pengumpulan data melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi dan menganalisa data dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan Surabaya Mengaji memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah karena Instagram merupakan aplikasi yang memiliki fitur yang mendukung kegiatan dakwah serta bertepatan dengan momen trendingnya Instagram di Indonesia. Akun @surabayamengaji melakukan pemantauan dengan fitur Insight Instagram secara rutin serta memberikan respon kepada para audiens secara manual. Akun @surabayamengaji bekerja sama dengan Influencer dalam program-program sosial dan kemanusiaan. Akun @surabayamengaji meningkatkan interaksi dengan audiensnya dengan cara membagikan konten, mengikuti kajian secara langsung dan ikut serta di berbagai program Surabaya Mengaji. Peneliti merekomendasikan agar peneliti selanjutnya lebih mendalami pengkajian efektivitas dalam penggunaan media dakwah di era digital.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ansyori, Muhmuhanx99@gmail.comB71218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087302
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Dakwah, Strategi
Media Sosial
Keywords: strategi; media dakwah; instagram; @surabayamengaji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Ansyori
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:23
Last Modified: 21 Nov 2022 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57500

Actions (login required)

View Item View Item