Pengorganisasian masyarakat dalam meningkatkan kualitas air bersih melalui sistem filterisasi air hujan di desa Balungtawun kecamatan Sukodadi kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhayati, Rizka Dwita (2022) Pengorganisasian masyarakat dalam meningkatkan kualitas air bersih melalui sistem filterisasi air hujan di desa Balungtawun kecamatan Sukodadi kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Dwita Nurhayati_B72218083.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini membahas mengenai pengorganisasiaan masyarakat Desa Balungtawun untuk meningkatkan kualitas air bersih. Air bersih merupakan komponen yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Namun karena tidak adanya pengolahan, air Di Desa Balungtawun kurang layak untuk difungsikan. Sehingga dengan melihat kondisi masyarakat, dibuatlah strategi untuk meningkatkan kualitas air bersih melalui sistem filterisasi air hujan secara sederhana. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) yang mengikutsertakan stakeholder dalam mendiskusikan masalah yang terjadi di masyarakat untuk melakukan perubahan yang mengarah pada kesejahteraan/kebaikan. Peneliti menggunakan teknik trend and change, diagram venn, dan diagram alur untuk menganalisa permasalahan bersama masyarakat yang aktif berpartisipasi. Strategi untuk mengatasi rendahnya kualitas air jublang adalah dengan dilakukannya edukasi kesehatan masyarakat, praktik uji coba alat filterisasi air, pembentukan kelompok peduli air bersih, dan pengajuan draft kebijakan untuk rancangan RPJMDes. Adapun hasil dari kegiatan yang telah dilakukan adalah masyarakat bisa lebih peduli akan kesehatan lingkungan sekitar serta masyarakat mendapatkan pengetahuan baru dari edukasi dan praktik pembuatan alat filterisasi air. Masyarakat juga bisa lebih aktif terhadap perubahan-perubahan lingkungan yang terjadi melalui terbentuknya kelompok peduli air bersih serta adanya antusiasme untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan serupa karena adanya dukungan dari pihak pemerintah Desa Balungtawun setelah adanya kebijakan yang diusulkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhayati, Rizka Dwitarizkadwitan@gmail.comB72218083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Pengabdian Masyarakat
Pemberdayaan
Teknik Lingkungan
Keywords: Pengorganisasian; Air Bersih; Filterisasi Air
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizka Dwita Nurhayati
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:45
Last Modified: 31 Oct 2022 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57521

Actions (login required)

View Item View Item