تطوير وسائل تعليم مهارات اللغة العربية وقواعدها باستخدام الويب لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الحكومية 1 سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahy, Moh. Buny Andaru (2022) تطوير وسائل تعليم مهارات اللغة العربية وقواعدها باستخدام الويب لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الحكومية 1 سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Buny Andaru Bahy_02040920015.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat berdasarkan permasalahan siswa ketika sedang belajar bahasa Arab dari semua unsur keterampilan, baik dari unsur keterampilan mendengar, berbicara, membaca, menulis hingga qawaid. Dari permasalahan yang ada, peneliti berusaha memberi solusi dan inovasi dengan mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas VIII menggunakan media web. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sarana pengajaran untuk meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media web. Penelitian ini menggunakan studi lapangan empiris, peneliti menggunakan pendekatan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analize, Design, Development, Implement and Evaluation). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Surabaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, tes. Untuk analisis data kuisioner peneliti menggunakan rumus skala likert dan menggunakan “Uji-T” untuk menentukan keefektifan pada produk yang di kembangkan. Adapun hasil dari penelitian pengembangan media web ini adalah sebagai berikut: hasil penilaian dari ahli materi adalah 92% dengan predikat “baik sekali”, ahli pengembangan media 80% dengan predikat “baik” dan penilaian dari guru bahasa Arab 96% “baik sekali”. Hasil angket penilaian siswa tentang media web ini sebesar 79,2% dengan predikat “baik”. Selanjutnya hasil dari paired sampel t-test adalah 0,000 yang artinya pengembangan media berbasis web di nyatakan efektif, karena hasil nilai post test lebih baik dari pada nilai pre-test.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahy, Moh. Buny Andarubunymohammad@gmail.com0204920015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamalkamalinev@gmail.com2006067903
Thesis advisorWafa, Alialiw87870@gmail.com2029016802
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Pengembangan Media; Pembelajaran, Bahasa Arab, Media Web
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Moh Buny Andaru Bahy
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:25
Last Modified: 01 Nov 2022 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57634

Actions (login required)

View Item View Item