Studi komparasi efektifitas pembelajaran bahasa arab dalam maharah qira'ah antara via online dengan via offline pada siswa kelas delapan MTsN 3 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qothrunnada, Qothrunnada (2022) Studi komparasi efektifitas pembelajaran bahasa arab dalam maharah qira'ah antara via online dengan via offline pada siswa kelas delapan MTsN 3 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qothrunnada_D92217030.pdf

Download (5MB)

Abstract

Beberapa waktu lalu dunia pendidikan dikejutkan dengan wabah pandemi yang mengakibatkan pembelajaran dialihkan pada sistem daring. Tentu saja Pembelajaran daring ini merupakan hal baru bagi guru dan siswa. Sehingga terdapat kemungkinan bahwa guru dan siswa tidak mudah untuk menerapkannya. Hal ini berdampak pada keefektifan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui proses kegiatan pembelajaran bahasa arab via daring dan via luring, dan mengetahui perbandingan efektivitas antara kedua sistem pembelajaran tersebut pada siswa kelas 8 MTsN 3 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil sampel dari siswa kelas 8B tahun pelajaran 2020-2021, siswa kelas 8B tahun pelajaran 2021-2022, dan guru mata pelajaran bahasa arab kelas 8B. Penelitian ini menggunakan rumus Uji t dan diperoleh hasil bahwa “pembelajaran bahasa arab maharoh qiroah via daring tidak lebih efektif daripada pembelajaran via luring pada siswa kelas 8 MTsN 3 Mojokerto”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qothrunnada, Qothrunnadaqothrunnadaf19@gmail.comD92217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Syafi'isyafii@uinsby.ac.id2020117003
Thesis advisorNu'man, Mohammadzahwa.tirfa@gmail.com2022026901
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: perbandingan; daring; luring; muharoh qiro'ah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Qothrunnada Qothrunnada
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:23
Last Modified: 04 Nov 2022 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57768

Actions (login required)

View Item View Item