تحليل الحالات البشرية للشخصيات الرئيسية في رواية "بنات الرياض" لرجاء الصانع على نظرية أبراهام ماسلو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Ika Putri Zulkarnain (2022) تحليل الحالات البشرية للشخصيات الرئيسية في رواية "بنات الرياض" لرجاء الصانع على نظرية أبراهام ماسلو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amelia Ika Putri Zulkarnain_A71218034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Novel “Banāt al-Riyāḍ” karya Rajā’ al-Shānea adalah novel yang memiliki empat tokoh utama, yaitu Qamrah, Sedeem, Lumeis, dan Michelle. Novel ini menceritakan tentang perjalanan asmara mereka pada umur dua puluh tahun-an. Dalam perjalanan cerita mereka memunculkan rumusan masalah mengenai macam-macam kebutuhan kemanusiaan yang sesuai dengan kandungan teori humanistik Abraham Maslow. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja macam kebutuhan kemanusiaan yang dibutuhkan oleh masing-masing tokoh utama novel “Banāt al-Riyāḍ” karya Rajā’ al-Shānea yang kemudian dianalisis menggunakan teori humanistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang menjadikan peneliti sebagai instrumen utama penelitian untuk mencari data, baik data primer maupun data sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu masalah yang terdapat dalam sebuah penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap tokoh utama dalam novel “Banāt al-Riyāḍ” memiliki kebutuhan humanistik sesuai teori Abraham Maslow yang terdiri dari kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman dan nyaman, kebutuhan akan rasa memiliki dan cinta, kebutuhan akan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri. Tokoh Sedeem memiliki 14 kebutuhan, tokoh Qamrah memiliki 18 kebutuhan, tokoh Michelle memiliki 16 kebutuhan, dan tokoh Lumeis memiliki 10 kebutuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, Ika Putri Zulkarnainikaamelia003@gmail.comA71218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUbet, Abdullohubaid.auza@gmal.cm2007056602
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Kebutuhan Humanistik; Novel; Tokoh Utama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Amelia Ika Putri Zulkarnain
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:32
Last Modified: 07 Nov 2022 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57798

Actions (login required)

View Item View Item