Analisis pengaruh overload penggunaan media sosial terhadap performa akademik mahasiswa menggunakan stressor strain outcome perspective

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khosyatullah, Muqoffi (2022) Analisis pengaruh overload penggunaan media sosial terhadap performa akademik mahasiswa menggunakan stressor strain outcome perspective. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muqoffi Khosyatullah_H06216017 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena penggunaan media sosial dan internet telah menjadi hal yang berkembang pesat. Mahasiswa memiliki tingkat penggunaan yang besar dalam menggunakan media sosial dan internet untuk menunjang aktivitas mereka, baik aktivitas akademik maupun non akademik. Meskipun internet dan media sosial berperan penting dan memiliki dampak positif, tentunya terdapat dampak negatif seperti stress dan kelelahan dari penggunaan media sosial yang berlebihan. Apabila penggunaan media sosial tidak diatur dengan baik, maka overload dari penggunaan media sosial dapat terjadi dan menyebabkan technostress serta exhaustion. Dengan menggunakan model Stressor Strain Outcome, penelitian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana faktor overload (information, communication dan social overload) dari penggunaan media sosial yang berlebihan dapat memberikan kondisi technostress dan exhaustion pada mahasiswa sehingga mempengaruhi performa akademik mereka. Model tersebut diujikan pada 202 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dengan teknik analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan bantuan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan ketiga faktor overload (information, communication dan social overload) merupakan pengaruh signifikan yang menciptakan kondisi technostress pada mahasiswa, namun hanya information overload saja yang memberikan pengaruh terhadap exhaustion. Selain itu, technostress terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap performa akademik. Berlawanan dengan exhaustion yang memberikan pengaruh negatif signifikan terhadap performa akademik. Pada variabel kontrol, umur dan jenis kelamin tidak memberi pengaruh signifikan terhadap performa akademik mahasiswa, namun variabel kontrol spirituality memberikan pengaruh positif signifikan terhadap performa akademik mahasiswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khosyatullah, Muqoffimuqoffikhos@gmail.comH06216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id2027097901
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Media Sosial
Informasi
Keywords: Social media overload; stressor strain outcome; performa akademik mahasiswa; PLS-SEM
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Muqoffi Khosyatullah
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:51
Last Modified: 23 Nov 2022 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58209

Actions (login required)

View Item View Item