Identifikasi keberadaaan Pseudomonas dan Lactobacillus Rhizosfer akar cabai merah besar (Capsicum Annum L.) di Desa Kebon Rejo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alwi, Muhamad Bashori (2022) Identifikasi keberadaaan Pseudomonas dan Lactobacillus Rhizosfer akar cabai merah besar (Capsicum Annum L.) di Desa Kebon Rejo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Bashori Alwi_H01216015 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Petani sering menggunakan pestisida pada cabai merah besar (Capsicum annum L.), karena rentan penyakit. Organofosfat jenis pestisida yang umum digunakan untuk cabai. Penggunaan pestisida dapat mempengaruhi lingkungan dan makhluk hidup. Pseudomonas dan Lactobacillus secara umum hidup di daerah perakaran tanah merupakan bakteri yang bermanfaat bagi tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan, perbandingan dan faktor yang yang mempengaruhi keberadaan Pseudomonas dan Lactobacillus pada rhizosfer cabai merah. Metode dilakukan eksplorasi keberadaan dan menghitung jumlah koloni bakteri Pseudomonas dan Lactobacillus, dengan pengambilan 15 sampel tanah sekitar akar cabai yang di bagi menjadi 3 kelompok dibedakan dengan intensitas pemberian pestisida. Sampel tanah diamati di laboratorium untuk mengidentifikasi keberadaan Pseudomonas dan Lactobacillus dengan pengamatan makroskopis dan mikroskopis sampai takson genus. Bakteri kemudian dihitung koloninya dengan satuan kol/g. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pseudomonas dan Lactobacillus. Perbandingan koloni bakteri Pseudomonas dan Lactobacillus yaitu 3:5 kol/g. Faktor yang mempengaruhi berkembangnya kedua bakteri kemungkinan dari jenis bahan aktif pestisida dan dari intensitas pemberian pestisida. Peneliti menyimpulkan keberadaan kedua baketeri kemungkinan terjadi karena sudah sintas (dapat bertahan) terhadap pestisida organofosfat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alwi, Muhamad Bashorialwiryuzushi@gmail.comH01216015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Moch. Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id2025078102
Subjects: Biologi
Kimia
Morfologi
Ekologi
Keywords: Cabai merah besar (Capsicum annum L.); Pestisida Organofosfat; Pseudomonas dan Lactobacillus; koloni
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Muhamad Bashori Alwi
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:50
Last Modified: 22 Nov 2022 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58262

Actions (login required)

View Item View Item