Tinjauan hukum pidana Islam terhadap putusan Pengadilan Negeri Magetan nomor 187/Pid.Sus/2018/PN. Mgt (peternakan dan kesehatan hewan) tentang penjualan daging Sapi Glonggongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asumadhijono, Prasojo Arief (2022) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap putusan Pengadilan Negeri Magetan nomor 187/Pid.Sus/2018/PN. Mgt (peternakan dan kesehatan hewan) tentang penjualan daging Sapi Glonggongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Prasojo Arief Asumadhijono_C93216101.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana putusan hakim pengadilan negeri magetan nomor 187/Pid.Sus/2018/PN. MGT (peternakan dan kesehatan hewan) tentang penjualan daging sapi glonggongan dan tinjauan hukum pidana islam terhadap putusan hakim Pengadilan Negeri (PN) Magetan nomor 187/Pid.Sus/2018/PN MGT (peternakan dan kesehatan hewan) tentang penjualan daging sapi glonggongan. Metode yang diterapkan untuk menganalisis data dalam penelitian normatif ini yaitu deskriptif preskriptif dengn dasar format analisis deduktif, deduktif sendiri adalah metode analisis teori-teori yang bersifat general/umum selanjutnya dihadirkan sebuah kesimpulan yang memiliki sifat khusus dan detail. Metode deskriptif analisis dapat diperuntukan menguraikan titik masalah hukuman atau Uquabah terhadap pelaku delik pemrosesan dan penjualan daging sapi glonggongan dan hubungannya dengan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen serta UU no. 12 tahun 2012 tentang pangan. Hasil penelitian kepustakaan, putusan hakim sudah sesuai terkait Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen serta UU no. 12 tahun 2012 tentang pangan namun UU tersbut masih mempunyai celah atau bias dalam pengartian kata “pangan” serta kualitas sanitasi yang baik. Meskipun tidak diatur dalam Nash, hukuman untuk pelaku tindak pidana penjualan daging sapi Glonggongan sudah diakomodir oleh Uqũbah Jarīmah Ta’zir yang merupakan perwujudan dari hukuman seorang hakim, jenis Jarīmah Ta’zir yang berkaitan berupa pembohongan publik dan menyangkut mashlahat umat dalam memroses dan menjual daging sapi tersebut. Masalah ini juga masuk dalam kategori Uqũbah Jarīmah Ta’zir tentang ketertiban dan keamanaan umum, kejahatan yang berkaitan dengan ekonomi juga bisa mengakomodir delik ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asumadhijono, Prasojo Ariefprasojoarief1997@gmail.comC93216101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHatta, Moh.hattamuhammad644@gmail.com2026107104
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Bisnis
Al Qur'an
Keywords: Hukum pidana Islam; putusan Pengadilan Negeri Magetan nomor 187/Pid.Sus/2018/PN. Mgt; peternakan; kesehatan hewan; penjualan daging Sapi Glonggongan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: PRASOJO ARIEF SUMADHIJONO
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:18
Last Modified: 24 Nov 2022 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58307

Actions (login required)

View Item View Item