This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zaim, Ahmad Fiqih Ahsani (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam rangka menciptakan pendidikan yang bermutu, pemerintah telah menetapkan kurikulum tahun 2013 untuk diterapkan pada sekolah/ madrasah. Bersama dengan penerapan kurikulum 2013, pemerintah mewajibkan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah atau disebut pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam mengimplemetasikan pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X-1 di SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menganalisa bagaimana proses pembelajaran pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X-1 di SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto telah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat bahwa guru melaksanakan proses pembelajaran melalui langkah-langkah pembelajaran pendekatan saintifik dengan mengamati melalui observasi, menanya melalui mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi melalui melakukan percobaan, mengasosiasi melalui menalar, dan mengkomunikasikan melalui membentuk jaringan, dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran meskipun belum dilaksanakan secara maksimal. 2) Hambatan dlam mengimplementasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto adalah minimnya sumber-sumber dan media pembelajaran, latar belakang peserta didik yang tidak sama, faktor usia guru, beberapa guru yang sudah berusia senja lemah dalam mengoperasikan komputer.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum | ||||||
Keywords: | Implemetasi; Pendekatan Saitifik; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Ahmad Fiqih Ahsani Zaim | ||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2016 03:11 | ||||||
Last Modified: | 25 Apr 2016 03:11 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5886 |
Actions (login required)
View Item |