Salat malam sebagai penawar anxiety disorder: kajian ma‘ani al-hadith pada hadis riwayat Abu Dawud nomor indeks 1319 perspektif psikologi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syifana, D. Indah (2023) Salat malam sebagai penawar anxiety disorder: kajian ma‘ani al-hadith pada hadis riwayat Abu Dawud nomor indeks 1319 perspektif psikologi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D. Indah Syifana_E05219005 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 March 2027.

Download (3MB)
[img] Text
D. Indah Syifana_E05219005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini, manusia yang semakin kompleks dengan kerumitannya sangat rentan mengalami gangguan mental. Salah satu jenisnya adalah anxiety disorder (gangguan kecemasan). Dalam hal ini, hadis riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 1319 menyebutkan bahwa ketika Rasul gundah akan suatu masalah maka beliau melaksanakan salat. Penelitian ini berusaha memahami hadis tersebut dalam konteks era modern ini. Model penelitian pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian gabungan antara library research dengan field research. Dengan demikian, sumber data pada proses penelitian ini adalah literatur-literatur yang terkait dengan pembahasan. Selain itu, untuk menunjang kajian lapangan, pada penelitian ini menggunakan sumber data berupa wawancara dan kuisioner. Penelitian ini meiliki tiga tujuan utama. Pertama, mengungkap kejelasan dari kualitas serta kehujjahan hadis tentang salat malam sebagai penawar anxiety disorder dalam riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 1319. Kedua, menemukan deskripsi atas pemahaman terhadap hadis tentang salat malam sebagai penawar anxiety disorder dalam riwayat Abu> Da>wud nomor indek 1319. Ketiga, mengetahui implikasi salat malam terhadap penderita anxiety disorder. Konklusi yang didapat dari penelitian ini yaitu : 1) Hadis riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 1319 berstatus h}asan li dha>tihi dan bisa diamalkan. 2) Hadis tersebut menerangkan salah satu sunnah Rasul yaitu melakukan salat malam ketika menghadapi suatu kegelisahan atau kecemasan serta hadis ini juga bisa dijadikan landasan bahwa salat malam mampu mengatasi anxiety disorder. 3) penelitian yang dilakukan terhadap penderita anxiety disorder telah membuktikan bahwa salat malam memiliki pengaruh terhadap penurunan gangguan kecemasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syifana, D. Indahdaniasyifana1902@gmail.comE05219005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhadijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Psikologi Islam
Salat > Salat - Hikmah
Keywords: Salat malam; anxiety disorder; hadis; Sunan Abu Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: D. Indah Syifana
Date Deposited: 08 Mar 2024 04:23
Last Modified: 08 Mar 2024 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59800

Actions (login required)

View Item View Item