Wacana kontroversi ruqyah Gus Samsudin pada video dalam akun Youtube Dr. Richard Lee: studi analisis wacana Kritis Norman Fairclough

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijaya, Shaka (2023) Wacana kontroversi ruqyah Gus Samsudin pada video dalam akun Youtube Dr. Richard Lee: studi analisis wacana Kritis Norman Fairclough. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shaka Wijaya_E01219035 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Shaka Wijaya_E01219035 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana suatu wacana kontroversi ruqyah Gus Samsudin yang dihadirkan dalam konten Youtube Dr. Richard Lee, Dimana wacana yang disampaikan oleh Gus Samsudin itu bersifat kontroversi dan menjadi pembahasan yang viral di media sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan wacana kontroversi ruqyah berdasarkan dialog, dan pertukaran wacana dalam video tersebut. Untuk menjelaskan wacana kontroversi Gus Samsudin yang dihadirkan dalam konten Dr. Richard Lee, peneliti menggunakan teknik metode analisis teks media, dengan teknik yakni analisis wacana model Norman Fairclough serta menggunakan pendekatan kritis. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwasanya konten Youtube Dr. Richard Lee menggunakan Bahasa bahasa yang mudah dipahami guna Masyarakat bisa menangkap dan tergambar sesuatu yang disampaikan dan wacana kontroversi ruqyah dalam konten Youtube di Richard Lee direpresentasikan sebagai klarifikasi Gus Samsudin atas apa yang dilakukannya selama menjalani profesinya untuk mengobati orang dan menjadi pembelaan terhadap dirinya sendiri karena telah viral di media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijaya, ShakaShaka7676@gmail.comE01219035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Pengobatan; Konten Youtube; Kontroversi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Shaka Wijaya
Date Deposited: 19 Dec 2023 12:00
Last Modified: 19 Dec 2023 12:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60283

Actions (login required)

View Item View Item