This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Munadiroh, Elok Sifak (2014) Meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar pada siswa Kelas III di MI Wachid Hasyim Wonomlati Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (119kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya prestasi belajar Bahasa Indonesia terhadap materi Menulis Puisi. Prestasi belajar yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada materi Menulis Puisi, diambil tindakan pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran menulis puisi menggunakan media gambar pada siswa kelas III di MI. Wachid Hasyim Wonomlati Kecamatan Krembung Sidoarjo? (2) Bagaimana tingkat kemampuan siswa kelas III di MI. Wachid Hasyim Wonomlati Kecamatan Krembung Sidoarjo dalam menulis puisi? (3) Bagaimana peningkatan kemampuann siswa kelas III di MI. Wachid Hasyim Wonomlati Kecamatan Krembung Sidoarjo dalam menulis puisi melalui media gambar? Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Hopkins yang terdiri dari dua siklus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan tehnik wawancara adalah dengan cara wawancara terbuka dengan guru kelas III, sedangkan pada tehnik tes adalah pertanyaan-pertanyaan atau latihan-latihan yang diberikan untuk mengetahui dan mengukur pengetahuan, ketrampilan, intelegensi, bakat, dan kemampuan siswa dalam memahami materi. Hasil penelitian sebelum siklus menunjukkan siswa belum bisa mengeluarkan pendapatnya secara aktif. Hal ini dilihat dari nilai ketuntasan kelas sebelum siklus 14,3%. Berdasarkan ketuntasan kelas sebelum siklus, maka diadakan penelitian dengan menggunakan 2 siklus. Pada penelitian siklus I diperoleh nilai ketuntasan kelas 67% dan meningkat pada siklus II 84,2%. Ini membuktikan bahwa penggunaan media gambar, dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Metode Puisi |
||||||||
Keywords: | Bahasa Indonesia; Menulis Puisi, Media Gambar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2015 02:41 | ||||||||
Last Modified: | 10 Feb 2020 03:53 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/603 |
Actions (login required)
View Item |