PENGGUNAAN METODE GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS III MI. NAHDLATUL ULAMA’ TAMBAKSUMUR WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Uzlifatul (2014) PENGGUNAAN METODE GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS III MI. NAHDLATUL ULAMA’ TAMBAKSUMUR WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa cukup sulit dan tidak menarik bagi banyak siswadi sekolah. Salah satunya materi yang berhubungan dengan geometri dalam hal ini bangun datar.hal ini berdampak buruk bagi prestasi/hasil belajar siswa. MI. Nahdlatul Ulama’ Tambaksumur Kecamatan Waru merupakan salah satu sekolah dasar yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Selama
ini proses pembelajaran matematika yang berlangsung di MI ini masih menggunakan metode sederhana, yaitu seorang guru hanya memberikan rumus-rumus pada siswa. Siswa tidak tahu asal diperolehnya rumus tersebut, kemudian diberikan contoh soal dan diakhiri dengan test. Rata-rata selama lima tahun terakhir nilai matematika saat ujian akhir sekolah sebesar 5,90. Guided Discovery atau penemuan secara terbimbing dari guru merupakan salah satu metode yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan materi-materi yang berhubungan dengan geometri dengan bantuan alat peraga.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode Guided discovery dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan keliling dan luas bangun datar siswa kelas III MI. Nahdlatul Ulama’ Tambaksumur Waru Sidoarjo.
Lokasi penelitian adalah MI. Nahdlatul Ulama’ Tambaksumur Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 25 siswa, seorang guru matematika dan seorang observer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan kriteria keberhasilan jika seorang siswa telah tuntas belajar bila telah mencapai skor 65% atau nilai 65, dan kelas disebut tuntas belajar bila di kelas tersebut terdapat 85% yang telah mencapai daya serap lebih dari atau sama dengan 65.
Pada siklus I hasil ketuntasan belajar siswa masih sebesar 60%. Karena indikator keberhasilan masih belum tercapai, maka perlu dilanjutkan dalam siklus II, dan hasilnya siswa yang tuntas belajar adalah 88%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode Guided Discovery dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan keliling dan luas bangun datar siswa klas III MI. Nadlatul Ulama’ Tambaksumur Waru Sidoarjo. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan agar sorang guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, siswa diajak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode Guided Discovery, guru diharapkan dapat menggunakan suatu media atau alat peraga pembelajaran yang dipergunakan untuk membantu siswa dalam belajar, terutama untuk materi-materi yang berhubungan dengan geometri, serta harus ada kerja sama yang baik antara guru, siswa dan sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Achmad Zaini
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, UzlifatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar Matematika; Metode Guided Discovery (Penemuan Terbimbing)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 03:41
Last Modified: 11 Feb 2015 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item