This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Bahrudin, Arif (2016) Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi realitas dalam menangani rasa percaya diri seorang anak di Desa Srigading Ngoro Mojokerto studi : seorang anak yang di paksa orang tuanya mondok. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi realitas dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak di desa Srigading Ngoro Mojokerto (Studi Kasus: Seorang Anak yang Dipaksa Orang Tuanya mondok)?. (2) Bagaimana hasil akhir Bimbingan dan Konseling Islam dengan terapi realitas dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak di desa Srigading Ngoro Mojokerto (Studi Kasus: Seorang Anak yang Dipaksa Orang Tuanya mondok)?
Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisa proses dan hasil akhir dari pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan terapi realitas dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak di desa Srigading Ngoro Mojokerto (Studi Kasus: Seorang Anak yang Dipaksa Orang Tuanya mondok) menggunakan analisa deskriptif komparatif, yang mana penulis membandingkan data teori dan data yang terjadi di lapangan.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masalah yang terjadi adalah rasa kurang percaya diri seorang anak di lingkungan barunya (pondok) disisi lain keinginan mondok bukan dari keinginan sendiri melainkan dari paksaan orang tua untuk mondok, dari permasalahan tersebut bisa membawa dampak negatif pada diri sendiri maupun orang tua. Dalam penelitian ini proses konseling yang dilaksanakan dengan menggunakan terapi realitas, yang mana peneliti menggunakan 2 tehnik yaitu tehnik berperan sebagai model dan guru, membantu klien dalam merumuskan rencana-rencana yang spesifik bagi tindakan. Tehnik pada setiap konseling yang telah dilaksanakan secara berurutan 3-5 kali konseling. Dengan pendekatan ini diharapkan konseli bisa menerima kenyataan pada keadaan dan lingkungan barunya (pondok) saat ini serta bisa merubah perilaku negatifnya menjadi perilaku yang lebih positif untuk mencapai identitas keberhasilan. Sedangkan hasil akhir dari proses konseling terhadap konseli dalam penelitian ini cukup berhasil, yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada perilaku konseli di mulai dari kemauan untuk kembali lagi ke pondok.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Psikologi Psikologi > Psikologi Anak |
||||||||
Keywords: | Terapi Realitas; rasa percaya diri. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | Moh arif bahrudin | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2016 03:34 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2019 08:12 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6201 |
Actions (login required)
View Item |