This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahayu, Rizqiyah Ning (2023) تطبيق طريقة Make a match على أساس الحث على الكلمات باستخدام وسائط smart card لترقية مهارة القراءة والكتابة في تعليم اللغة العربية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Rizqiyah Ning Rahayu_D02219022.pdf Download (9MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui maharah qiro’ah wal kitabah kelas VII di MTs Negeri 3 Kota Surabaya. 2) Untuk mengetahui implementasi metode “Make A Match” berbasis pancingan kata dengan menggunakan media “Smart Card” untuk meningkatkan maharah qiro’ah wal kitabah siswa kelas VII di MTs Negeri 3 Kota Surabaya. 3) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan setelah menggunakan metode “Make A Match” berbasis pancingan kata dengan menggunakan media “Smart Card” untuk meningkatkan maharah qiro’ah wal kitabah siswa kelas VII di MTs Negeri 3 Kota Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian di Analisa mencakup empat kegiatan: (1) pengumpulan data, (2) kondensasi data, (3) Penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Maharah qiro’ah wal kitabah siswa kelas VII bervariatif, ada sebagian yang relatif baik dan ada juga sebagian yang belum mencapai rata rata namun setelah menggunakan metode dengan media tersebut kemampuan mereka sudah mencapai rata rata (2) Implementasi metode Make A Match berbasis pancingan kata dengan memadukan atau mencari pasangan kartu melalui media “Smart Card” yaitu berupa kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban. (3) kelebihan metode “Make A Match” bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan bisa digunakan untuk semua usia, Siswa mencari pasangan sambil belajar dengan suasana yang menyenangkan, Suasana kegembiraan akan tumbuh dalam proses pembelajaran, Kerjasama siswa akan terwujud dengan dinamis, Munculnya dinamika kerjasama seluruh siswa yang merata. Sedangkan kekurangannya yaitu Memerlukan bimbingan dari guru untuk melakukan kegiatan, Waktu yang tersedia perlu dibatasi jangan sampai siswa terlalu banyak bermain main dalam proses pembelajaran, Guru perlu persiapan bahan dan alat yang memadai, Akan tercipta kegaduhan dan keramaian yang tidak terkendali. Adapun kelebihan media “Smart Card” cocok digunakan untuk kelompok besar dan kecil, menarik perhatian siswa, meningkatkan interaksi antar siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa, sedangkan kekurangannya yaitu guru dituntut untuk menerapkan media “Smart Card” dengan menggunakan strategi yang bermacam- macam agar siswa selalu terlibat aktif dalam pembelajaran
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | smart card; maharah qiroah wal kitabah; metode make a match | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Rizqiyah Ning Rahayu | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 May 2023 07:48 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 May 2023 07:48 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62331 |
Actions (login required)
View Item |