Pendampingan kelompok tani ternak dalam inovasi pakan silase sebagai pendamping pakan ternak di Dusun Ngluyu 1 Desa Ngluyu Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohani, Baiti (2023) Pendampingan kelompok tani ternak dalam inovasi pakan silase sebagai pendamping pakan ternak di Dusun Ngluyu 1 Desa Ngluyu Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Baiti Rohani_B72219057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dusun Ngluyu 1 terletak di Desa Ngluyu, dimana lokasi ini berada diperbukitan dan dikelilingi persawahan. Desa Ngluyu memiliki tanah yang subur dan sejuk, maka mayoritas masyarakat di Desa Ngluyu bekerja sebagai petani dan peternak. Aspek peternkan di Desa Ngluyu dapat dijadikan aset bagi masyarakat Desa Ngluyu, ternak yang dipelihara adalah sapi dan kambing. Di Dusun Ngluyu 1 sendiri tidak sediit yang memelihara ternak terlebih ternak kambing. Adanya keinginan beternak kambing dapat dijadikan sebuah usaha yang besar bagi masyarakat, wilayah tanah yang subur dan melimpahnya pakan ternak seperti rumput gajah bisa dimanfaatkan peternak menjadi pakan terbaru. Namun, kurangnya pengetahuan para peternak mengenai pakan terbaru membuat masyarakat lebih memilih konsep pakan habis lalu mencari rumput. Tanpa diketahi apabila musim kemarau tiba masyarakat sulit mencari pakan hijau dan segar. Adanya inovasi olahan pakan silase ini dapat mempermudah peternak dala mencari pakan dan dapat menghemat tenaga serta waktu. Melihat aset ternak yang masyarakat miliki serta aset alam berupa rumput gajah tersebut dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi pakan yang terbarukan peternak akan menuju peternak masa kini. Metode penelitian dalam penggalian data yakni menggunakan metode ABCD (Aset Base Community Development). Pendampingan berbasis ABCD ini dilakukan dengan menggunakan tahap 5-D yaitu discovery, define, dream, design dan destiny. Pendampingan selama hampir 3 bulan bersama masyarakat Dusun Ngluyu 1 Desa Ngluyu menghasilkan: (1) Masyarakat mengetahui adanya pakan terbaru yakni silase sebagai pendamping pakan ternak dan masyarakat juga dapat mengembangkan aset yang mereka miliki. (2) Adanya kemauan yang kuat untuk melakukan sebuah perubahan yang menjadi lebih baik (3) Adanya pakan terbarukan (silase) peternak dapat mengemat waktu dan tenaga untuk mencari pakan.
Kata kunci : pendampingan, silase dan peternak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohani, Baitigoodbless2402@gmail.comB72219057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pakan ternak; pakan silase
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Baiti Rohani
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:57
Last Modified: 06 Jun 2023 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62758

Actions (login required)

View Item View Item