فعالية تطبيق طريقة القراءة التعاونية المتكاملة و التكوينية (CIRC) مع لعبة ترتيب الجملة لترقية مهارة القراءة و الكتابة لطلاب الصف السابع في مدرسة سنن جيري الثانوية الإسلامية سورابايا - Efektivitas penerapan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan permainan Menyusun Kalimat dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis pada siswa Kelas VII di MTs Sunan Giri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Putri (2023) فعالية تطبيق طريقة القراءة التعاونية المتكاملة و التكوينية (CIRC) مع لعبة ترتيب الجملة لترقية مهارة القراءة و الكتابة لطلاب الصف السابع في مدرسة سنن جيري الثانوية الإسلامية سورابايا - Efektivitas penerapan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan permainan Menyusun Kalimat dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis pada siswa Kelas VII di MTs Sunan Giri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Salsabila_D92219083 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peneliti menemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Sunan Giri Surabaya, khususnya dalam keterampilan membaca dan menulis. Hal tersebut disebabkan karena perbedaan latar belakang siswa, siswa yang tidak bersekolah di sekolah dasar Islam kesulitan membaca bahasa Arab, dan menulis bahasa Arab membutuhkan lebih dari sekadar mencoret-coret di kertas, tetap ada syarat atau aturan yang harus diikuti. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan permainan menyusun kalimat untuk memudahkan siswa dalam membaca dan menulis bahasa Arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui efisiensi maharah qiroah wa kitabah pada siswa kelas VII di MTs Sunan Giri Surabaya. 2) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan permainan menyusun kalimat dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas VII di MTs Sunan Giri Surabaya. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan permainan menyusun kalimat dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas VII di MTs Sunan Giri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sampel peneliti berjumlah 37 siswa kelas 7-A di MTs Sunan Giri Surabaya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan permainan mengurutkan kalimat lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab dibandingkan dengan metode tradisional. Terlihat dari hasil bahwa t0 > tt (2,434<11,6>1,688) dan (2,434<16,25>1,688) maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Putriputrisalsabilaofc@gmail.comD92219083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, Muhammad Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Metode Pembelajaran
Keywords: Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); permainan Menyusun Kalimat; keterampilan membaca; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Putri Salsabila
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:51
Last Modified: 26 Jul 2023 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63813

Actions (login required)

View Item View Item