فعالية طريقة التعلّم الخليط Blended learning بوسيلة Madinaharabic.com لترقية مهارة الاستماع والكتابة لطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 4 سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munifaturrohman, Raihanah (2023) فعالية طريقة التعلّم الخليط Blended learning بوسيلة Madinaharabic.com لترقية مهارة الاستماع والكتابة لطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 4 سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raihanah Munifaturrohman_D72219043.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ada banyak masalah dalam pengajaran bahasa. Peneliti menemukan masalah tersebut di MTs N 4 Sidoarjo, yakni di kelas VII. Banyak dari mereka yang merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab, khususnya keterampilan menyimak dan menulis. Hal ini terjadi karena media yang digunakan masih menggunakan media tradisional. Sehingga siswa merasa bosan dan malas. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode blended learning melalui media madinaharabic.com untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan menulis. Peneliti membahas tentang " Efektivitas metode blended learning melalui media madinaharabic.com untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan menulis siswa kelas 8 MTs N 4 Sidoarjo " dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana kemampuan mendengar dan menulis siswa kelas VIII MTs N 4 Sidoarjo? 2) Bagaimana penerapan metode blended learning melalui media madinaharabic.com untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan menulis kelas 8 MTs N 4 Sidoarjo? 3) bagaimana efektivitas metode blended learning untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan menulis kelas 8 MTs N 4 Sidoarjo ? 4) bagaimana efektivitas media madinaharabic.com untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan menulis kelas 8 MTs N 4 Sidoarjo? 5) bagaimana efektivitas metode blended learning melalui media madinaharabic.com untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan menulis kelas 8 MTs N 4 Sidoarjo? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus t-test dengan sampel keseluruhan siswa kelas VIII dengan jumlah 32 siswa. Adapun Hasil t-hitung adalah to (14,7) dan tr (2,452 dan 1,695). Karena t hitung lebih besar t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode blended learning melalui media madinaharabic.com efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan menulis kelas 8 MTs N 4 Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munifaturrohman, Raihanahraihanahmunifatur@gmail.comD72219043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Thesis advisorSyafi'i, Syafi'isyafii2121@Gmail.com2018107002
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Teknologi
Keywords: Teknologi; metode pembelajaran; bahasa arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Raihanah Munifaturrohman
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:06
Last Modified: 18 Aug 2023 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63998

Actions (login required)

View Item View Item