Pengaruh pemberian zat pengatur tumbuh bap dan naa terhadap indirect shoot organogenesis tithonia diversifolia secara in vitro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzhahara, Nabillah Ayu (2023) Pengaruh pemberian zat pengatur tumbuh bap dan naa terhadap indirect shoot organogenesis tithonia diversifolia secara in vitro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabillah Ayu Azzhahara_H71219028 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tanaman obat keluarga atau TOGA masih sering dimanfaatkan sebagai alternatif dalam pencegahan atau penyembuhan dari suatu penyakit. Salah satu tanaman yang biasa digunakan adalah Tithonia diversifolia atau tanaman kembang bulan. Tanaman Tithonia diversifolia dapat dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama untuk sakit perut seperti diare dan kembung, sebagai obat anti radang tenggorokan, pereda nyeri pada daerah yang mengalami peradangan, dan memiliki manfaat utama yaitu sebagai antidiabetes. Karena permintaan meningkat serta sulitnya budidaya konvensional maka manusia menciptakan metode alternatif untuk budidaya tanaman T. diversifolia yaitu dengan cara kultur jaringan. Keberhasilan metode kultur jaringan bergantung pada kombinasi ZPT yang tepat seperti BAP dan NAA. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh pemberian zat pengatur tumbuh BAP dan NAA terhadap indirect shoot organogenesis Tithonia diversifolia secara in vitro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi BAP dan NAA tidak mampu menumbuhkan tunas Tithonia diversifolia melainkan mampu memicu pertumbuhan dari kalus. Penelitian ini menghasilkan kalus dengan tekstur remah dan kompak serta warna yang bervariasi diantaranya putih, hijau, kecoklatan, dan ungu. Pengaruh pemberian BAP dan NAA yang paling optimal untuk berat segar dan lebar ada pada variasi ZPT BAP 1 ppm + NAA 0.05 ppm dengan rata rata berat sebesar 8.06 gr dan lebar 4.05cm. Pengaruh pemberian BAP dan NAA yang paling optimal untuk berat kering didapatkan dari kombinasi ZPT BAP 1 ppm + NAA 0.1 ppm dengan rarata berat kering 0.23 gr.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzhahara, Nabillah Ayunabillahayu88@gmail.comH71219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id2006089002
Subjects: Biologi
Bahan Obat
Teknologi
Keywords: BAP; NAA; Tithonia diversifolia; kultur jaringan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Nabillah Ayu Azzhahara
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:58
Last Modified: 14 Aug 2023 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64091

Actions (login required)

View Item View Item