Efektivitas metode Bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa dan daya ingat pembelajaran Trilingual di TK Unggulan An Nur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianti, Tina (2023) Efektivitas metode Bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa dan daya ingat pembelajaran Trilingual di TK Unggulan An Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tina Yulianti_D99219071 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tina Yulianti_D99219071 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Upaya penanggulangan permasalahan pendidikan yang terus berkelanjutan ini, sebagai calon pendidik ingin memberikan solusi untuk menerapkan metode belajar yang lebih mengasyikkan dan lebih mudah diserap ilmunya oleh anak usia dini dalam meningkatkan perkembangan bahasa dan daya ingat yaitu metode bernyanyi. Penggunaan metode menyanyi untuk menghafalkan materi semacam ini diharapkan setidaknya memiliki dua komponen yaitu komponen edukatif dan komponen rekreatif yang dapat menarik perhatian peserta didik sehingga metode ini dapat dikatakan efektif yang membantu peserta didik belajar lebih menyenangkan. Penelitian ini berkonsentrasi pada unsur penelitian tindakan kelas yang berbasis kualitatif yang didukung oleh para ahli, antara lain guru sebagai praktisi pembelajaran, peneliti, perancang, dan pengamat kritis. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya hasil akan di analisis melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menggunakan metode bernyanyi adalah pilihan yang tepat dan sudah banyak diterapkan di sekolah-sekolah lain. Guru lebih memilih metode bernyanyi karena akan lebih mudah menguasai keadaan kelas sehingga peserta didik dapat lebih terarah dan fokus dengan apa yang disampaikan oleh guru melalui lagu. Selain itu nada maupun lirik yang digunakan pada lagu-lagu tersebut dapat digunakan berulang-ulang bahkan dapat diganti sesuai tema pembelajaran yang ada. Metode ini juga memeberikan pembelajaran yang menyenangkan sehingga tidak membuat peserta didik merasa mudah bosan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianti, Tinatinayulianti6901@gmail.comD99219071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Bimbingan Belajar
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Efektivitas; metode bernyanyi; perkembangan Bahasa; daya ingat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Tina Yulianti
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:14
Last Modified: 02 Feb 2024 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64595

Actions (login required)

View Item View Item