This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Alawiyyah, Mufidah Nurul (2023) Pesan dakwah dalam film pendek Hijrah Mengejar Cintamu: analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Mufidah Nurul Alawiyyah_B71219066 ok.pdf Download (2MB) |
Abstract
Film sebagai media dakwah bisa berperan dengan optimal dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung dalam film pendek “Hijrah Mengejar Cintamu”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis teks media. Objek penelitian ini menggunakan Film Pendek “Hijrah Mengejar Cintamu” dengan menggunakan analisis semiotik Charles Sanders Peirce sebagai teknik analisisnya. Hasil dari penelitian ini berupa pesan dakwah yang meliputi pesan aqidah, syariah dan akhlak. Pesan Aqidah dalam film pendek ini yakni berupa seorang muslim diwajibkan untuk selalu membaca Al Qur’an dan selalu mengajak kebaikan. Pesan syariah berupa sebelum menikah hendaknya kaum laki-laki mengkhitbah perempuan terlebih dahulu dan tata cara berbusana muslim bagi perempuan. Pesan akhlak kepada sesama manusia berupa berkenalan dengan mengucap salam, orang tua menasehati anak, menatap mata lawan bicara ketika diajak saling berbincang-bincang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Dakwah > Semiotika Dakwah > Pesan Dakwah Pesan Dakwah Film |
||||||||
Keywords: | Pesan dakwah; film pendek; semiotika Charles Sanders Peirce | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Mufidah Nurul | ||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2023 06:51 | ||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2023 06:51 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64754 |
Actions (login required)
View Item |