Pesan dakwah dalam lirik lagu “Sapu Jagat” Sabyan Gambus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurfayi, Agik (2022) Pesan dakwah dalam lirik lagu “Sapu Jagat” Sabyan Gambus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agik Nurfayi_B01216004.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Agik Nurfayi_B01216004_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 July 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Persoalan yang diangkat dan diteliti pada skripsi ini merupakan pesan dakwah yang ada pada lirik sebuah lagu berjudul ‘Sapu Jagat’ dari Sabyan Gambus, yang didasarkan pada teori semiotik Roland Barthes. Dalam rangka mengidentifikasi persoalan yang diangkat secara lebih mendalam, penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Adapun dalam rangka mengumpulkan data, Teknik yang digunakan berupa observasi, dokumentasi, dan dari literatur yang mendukung teori penelitian, ditambah kajian terdahulu yang masih relevan. Setelah itu setiap data yang berhasil didapatkan, dianalisis dengan teori semiotik perspektif Roland Barthes. Hasil analisis mengungkapkan bahwa terdapat pesan dakwah dari lirik ‘Sapu Jagat’ Sabyan Gambus. Pesan dakwah pada lirik tersebut, merupakan sebuah bentuk penyadaran bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia, bahwa manusia seringkali khilaf dan tidak bisa mengendalikan hawa nafsu. Lagu ini juga menyadarkan bahwa segala urusan manusia haruslah dipasrahkan kembali kepada Allah, sebab Allah memiliki cara terbaik untuk manusia agar dapat mencapai kebaikan dalam hidupnya. Adapun rekomendasi untuk kajian selanjutnya, diharapkan bisa menindaklanjuti hasil penelitian ini, memakai perspektif lain. Misalnya dengan teknik analisis yang berbeda atau pun teori yang berbeda, agar hasil penelitian lebih beragam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurfayi, Agikagiklnurfayi285@gmail.comB01216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Sokhisokhi.huda@uinsa.ac.id2128016701
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; Roland Barthes; lagu Sapu Jagat; Sabyan Gambus; semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Agik Nurfayi
Date Deposited: 12 Jul 2024 05:16
Last Modified: 12 Jul 2024 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65325

Actions (login required)

View Item View Item