Perilaku seks di luar nikah di kalangan jemaat kristen orthodox gereja Paroki wafatnya sang theotokos Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Dita Afiyatul (2023) Perilaku seks di luar nikah di kalangan jemaat kristen orthodox gereja Paroki wafatnya sang theotokos Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Afiyatul Istiqomah_E72219038.pdf

Download (8MB)

Abstract

Seks merupakan pemberian Allah kepada manusia. Seks hanya boleh dilakukan oleh pasangan yang sudah di Kuduskan dalam ikatan pernikahan. Karena Tubuhmu adalah tempat kediaman Roh Kudus (Kor. 6:19). Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku seks di luar nikah di kalangan jemaat Gereja Paroki Wafatnya Sang Theotokos dan pandangan Gereja Paroki Wafatnya Sang Theotokos mengenai seks di luar nikah. Penelitian dilakukan di Mojokerto dengan tiga subjek informan pelaku seks di luar nikah. Data yang dilakukan dalam penelitian menggunakan wawancara semistruktur. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan metode analisis data menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa seks di luar nikah dianggap sebagai pelanggaran terhadap ajaran moral kristen. Gereja mengajarkan bahwa hubungan seksual dirancang oleh Tuhan sebagai bagian dari ikatan pernikahan antara seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian faktor yang mempengaruhi terjadinya seks di luar nikah pada subjek adalah karena faktor lingkungan pertemanan yang keliru dan faktor perkembangan media yang kian hari kian melaju cepat. Seperti yang terjadi pada ketiga subjek penelitian yakni subjek M, J, dan G yang mempelajari perilaku menyimpang dari keadaan lingkungan sekitar seperti pertemanan, sekolah, dan pada pasangannya sendiri. Kemudian subjek M dan G melakukan seks di luar nikah dengan pasangannya karena dianggap sama-sama menguntungkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Dita Afiyatulditaafiyatul09@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Lingkungan Hidup
Seks
Keywords: Perilaku seks di luar nikah; Gereja Orthodox
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Dita Afiyatul Istiqomah
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:25
Last Modified: 09 Oct 2023 04:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65801

Actions (login required)

View Item View Item