This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Azhar, Ahmad Fahri (2023) Pengaruh kepribadian merek dan experiential marketing terhadap minat beli ulang produk miniso yang dimediasi oleh kepuasan konsumen pada konsumen Miniso Royal Plaza Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ahmad Fahri Azhar_G03219001.pdf Download (5MB) |
|
Text
Ahmad Fahri Azhar_G03219001_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 December 2026. Download (5MB) |
Abstract
Kepribadian merek atau brand personality adalah sekumpulan karakteristik manusia yang dikaitkan dengan sebuah merek. Sedangkan experiential marketing adalah ketika pemasar melihat konsumen sebagai manusia yang memiliki sisi rasional dan emosional, yang juga menaruh perhatian untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Salah satu merek yang menerapkan dua hal tersebut adalah MINISO. Penerapan dua hal tersebut tentunya bertujuan untuk menciptakan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen yang baik akan memunculkan minat beli ulang bagi konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah kepribadian merek dan experiential marketing memiliki pengaruh langsung terhadap minat beli ulang dan juga pengaruh tidak langsung terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan konsumen pada merek MINISO. Penelitian ini menggunakan landasan teori perilaku konsumen, yaitu sebuah studi yang sebuah studi mengenai bagaimana seorang individu, sekelomopok orang, atau perkumpulan tertentu menentukan, membeli, atau menolak suatu produk, layanan, gagasan, atau pengalaman guna memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan non-probability sampling menggunkan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 344 responden. Penelitian dilakukan pada konsumen MINISO Royal Plaza yang terletak di Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Kepribadian merek berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Namun kepribadian merek tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang. Experiential marketing berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Experiential marketing juga berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang. Kepribadian merek yang dimediasi oleh kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan dan memiliki efek mediasi penuh terhadap minat beli ulang. Sedangkan experiential marketing yang dimediasi oleh kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan dan memiliki efek mediasi parsial terhadap minat beli ulang. Dari hasil tersebut, MINISO perlu merumuskan strategi pemasaran yang berorientasi pada pengalaman dan kebutuhan konsumen. Selain itu, MINISO perlu dengan konsisten menyesuaikan strategi pemasaran sesuai dengan perkembangan tren yang ada
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Ekonomi Manajemen Pemasaran |
||||||||||||
Keywords: | kepribadian merek; brand personality; experiential marketing; minat beli ulang; kepuasan konsumen; retail; Miniso | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen | ||||||||||||
Depositing User: | Ahmad Fahri Azhar | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:23 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66726 |
Actions (login required)
View Item |