This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ainiyah, Nuhzatul (2024) Upaya peningkatan profesionalisme guru melalui program sertifikasi dan pembinaan guru MI Persatuan Umat Islam (PUI) Tenajar Lor 1 dan MI Persatuan Umat Islam (PUI) Tenajar Lor 2 Indramayu Jawa Barat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nuhzatul Ainiyah_06040320092 ok.pdf Download (2MB) |
|
Text
Nuhzatul Ainiyah_06040320092 full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 January 2027. Download (2MB) |
Abstract
Upaya Peningkatan Profesionalisme guru merupakan suatu upaya profesional yang berkontribusi dalam menjamin kualitas Pendidikan salah satunya dengan mengikuti progam sertifikasi guru. Sertifikasi guru merupakan program yang dirancang untuk menilai kesesuaian guru sebagai agen pembelajaran dalam mencapai tujuan Pendidikan Nasional. Peningkatan sikap profesionalisme guru tidak berhenti sampai guru selesai mendapatkan sertifikat pendidik. Banyak upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan sikap profesional guru dalam karirnya, salah satunya ialah Pembinaan guru sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan kompetensi guru sebagai guru professional yang perlu dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Peningkatan profesionalisme guru merupakan hal yang penting dan krusial untuk dilakukan, mengingat guru adalah ujung tombak dan komponen utama dalam pencapaian tujuan Nasional. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis upaya peningkatan profesionalisme guru sertifikasi di MI PUI Tenajar Lor 1 dan MI PUI Tenajar Lor 2 Indramayu, menganalisis upaya peningkatan profesionalisme guru melalui pembinaan guru di MI PUI Tenajar Lor 1 dan MI PUI Tenajar Lor 2 Indramayu, mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat upaya peningkatan guru melalui program sertifikasi dan pembinaan guru di MI PUI Tenajar Lor 1 dan 2 Indramayu, serta mendeskripsikan dampak dari upaya peningkatan profesionalisme guru melalui program sertifikasi dan pembinaan guru di MI PUI Tenajar Lor 1 dan 2 Indramayu. Metode penelitian yang digunakan ialah menggunakan metode kualitatif dengan penelitian lapangan, yang artinya pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, peneliti juga melakukan uji keabsahan data dengan menggunakan Teknik triangulasi sumber dan Teknik, kemudia menganalisa data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan profeionalisme guru melalui program sertifikasi cukup memuaskan, namun ada beberapa hal kompetensi guru yang belum sepenuhnya berjalan sesuai harapan dan masih dinilai sangat rendah, khususnya kompetensi guru dalam professional. Upaya Peningkatan profesionalisme guru melalui pembinaan guru di MI PUI Tenajar Lor 1 dan 2 Indramayu, tergolong memuaskan. Pembinaan dilakukan sesuai dengan teori yang digunakan, mulai dari pengadaan kegiatan pembinaan guru, langkah-langkah pembinaan, serta teknik dari pembinaan. Faktor pendukung sebagai upaya dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui program sertifikasi dan pembinaan guru di MI PUI Tenajar Lor 1 dan 2 adalah adanya kesejahteraan guru dari tunjangan sertifikasi, pengakuan sebagai guru professional, kebijakan kepala sekola dalam mendorong dan memberikan motivasi kepada guru, adanya dukungan dari ketua Yayasan dalam memfasilitasi guru untuk meningkatkan kompetensinya.Faktor penghambat peningkatan profesionalisme guru melalui sertifikasi dan pembinaan guru di MI PUI Tenajar Lor 1 dan 2 ialah kurang adanya kegiatan bagi guru sertifikasi untuk menunjang peningkatan profesionalitasnya pasca sertifikasi, minimnya kemampuan guru sertifikasi dalam IPTEK, serta manajemen waktu para guru dan staf yang belum optimal diantara tugas-tugas di sekolah dan tugas-tugas di rumah dan masyarakat. Dampak dari upaya peningkatan profesionalisme guru melalui sertifikasi dan pembinaan guru di MI PUI Tenajar Lor 1 dan 2 Indramayu ialah meningkatnya kesejahteraan guru sehingga adanya kepuasan kerja bagi para guru sertifikasi, dan adanya upaya dalam diri guru sertifikasi MI PUI Tenajar Lor 1 untuk meningkatkan kinerjanya, serta adanya upaya guru sertifikasi MI PUI Tenajar Lor 1 dalam mengembangkan pembelajaran sesuai dengan evaluasi dan/atau penilaian kinerja guru.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru |
||||||||||||
Keywords: | Profesionalisme guru; program sertifikasi; pembinaan guru | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nuhzatul Ainiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2024 13:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jan 2024 13:54 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67179 |
Actions (login required)
View Item |