Konsep asmaragama dalam Serat Gatholoco menurut Budaya Jawa dan Peradaban Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabilla, Adinda (2023) Konsep asmaragama dalam Serat Gatholoco menurut Budaya Jawa dan Peradaban Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Salsabilla_A02218006 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Adinda Salsabilla_A02218006 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode sejarah, yaitu suatu langkah pembaharuan masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan (Heuristik), Mengkritik (Verifikasi), Menafsirkan (Interpretasi) dan Historiografi. Dalam teori penelitian ini menggunakan teori antropologi sosial dan teori filologi dari Baroroh Baried. Skripsi ini menyimpulkan bahwa pertama, Serat Gatholoco adalah serat yang anonim yang tidak diketahui pasti siapa pengarang asli dari Serat Gatholoco. Serat ini muncul sekitar tahun 1830 atau pada masa kerajaan Majapahit. Kedua, Asmaragama dalam serat Gatholoco mengacu pada beberapa unsur erotisme yang terkandung dalam Serat Gatholoco, meliputi: judul naskah, nama tokoh, dialog antar tokoh, dan lain sebagainya. Ketiga, Korelasi antara Serat Gatholoco dengan peradaban Islam dan budaya Jawa terlihat dalam isi naskah Serat Gatholoco. Masuknya agama Islam di tanah Jawa, tidak menjadikan masyarakat Jawa harus menerima apa adanya, namun Gatholoco memberikan sedikit saran agar masyarakat Jawa juga harus mempertimbangkan, memahami, dan akan menjadi kritik tersendiri untuk memahami ajaran Islam. Dalam Serat Gatholoco disebutkan bahwa ibadah dimulai dengan mempersiapkan diri menghadap-Nya. Manusia akan sadar akan kekuatan fisiknya, namun mereka juga sadar bahwa kekuatan lain juga terdapat dalam diri manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabilla, Adindaasalsabilla2601@gmail.comA02218006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadmkhod4fi@gmail.com2029117202
Thesis advisorZulaili, I'in Nuriinzulaili13@gmail.com--
Subjects: Antropologi Budaya
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Serat Gatholoco; Asmaragama; Budaya Jawa; Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Adinda Salsabilla
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:44
Last Modified: 18 Jan 2024 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67432

Actions (login required)

View Item View Item