Pengaruh grit dan kecerdasan emosional terhadap subjective well-being guru honorer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Azzahra Aulia (2024) Pengaruh grit dan kecerdasan emosional terhadap subjective well-being guru honorer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azzahra Aulia Putri_11040120099.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Azzahra Aulia Putri_11040120099_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Guru honorer sangat memerlukan subjective well-being yang tinggi dikarenakan untuk meningkatkan kebahagiaan dalam bekerja, memaksimalkan motivasi bekerja serta mencapai kepuasan dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh grit dan kecerdasan emosional terhadap subjective well-being para guru honorer. Populasi dalam penelitian ini sebesar 878 guru honorer sekolah dasar negeri di Surabaya kemudian menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% diambil sampel sebanyak 274 guru honorer. Teknik sampling non-probability sampling menggunakan purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik analisis data yaitu uji crosstabs,uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan chi-square. Terdapat empat instrumen yang digunakan, yaitu skala Satisfaction with Life Scale, Scale of Positive and Negative Experience (SPANE), Grit S-Scale dan Schutte Self Report Emotional Intelligence. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa grit dan kecerdasan emosional secara simultan memberikan pengaruh signifikan terhadap subjective well-being guru honorer. Hasil ini bermanfaat bagi pimpinan sekolah untuk lebih memperhatika kesejahteraan guru honorer karena merupakan kondisi krusial demi menunjung kepuasan, kebahagiaan dan performa kinerja pekerja tetap maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Azzahra Auliaauliazzhr6@gmail.com11040120099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnanylufianaharnany2017@gmail.com0027027604
Subjects: Psikologi
Keywords: subjective well-being; grit; kecerdasan emosional; guru honorer
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: AZZAHRA AULIA PUTRI
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:27
Last Modified: 05 Feb 2024 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67590

Actions (login required)

View Item View Item