Pemberdayaan petani padi dari belenggu tengkulak melalui pendampingan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian di jalan sumur Welut Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyowati, Rindy Sulu (2024) Pemberdayaan petani padi dari belenggu tengkulak melalui pendampingan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian di jalan sumur Welut Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rindy Sulu Setyowati_B92219125 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Rindy Sulu Setyowati_B92219125.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendampingi petani padi agar dapat mengolah hasil panen menjadi beras kemas dan menjual hasil panen dengan harga yang lebih baik pada pasar online dan offline dalam upaya mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan kelompok petani padi Sumur Welut. Rumusan masalah pada penelitian ini membahas terkait kondisi keterbelengguan petani padi terhadap tengkulak, strategi pemberdayaan yang efektif bagi petani padi dari belenggu tengkulak dan hasil pemberdayaan petani padi dari belenggu tengkulak di Jalan Sumur Welut Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya. Jenis penelitian ini berdasarkan data yang diperoleh menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Penelitian PAR melibatkan semua pihak yang relevan (stakeholder) secara aktif dalam mengkaji fenomena sosial melalui tindakan yang sedang berlangsung untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sebagaimana gerakan sosial. Proses pemberdayaan petani padi di Jalan Sumur Welut Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya ini berawal dari dilakukannya pemetaan awal, melakukan proses pendekatan, melakukan riset bersama, merumuskan hasil riset, merencanakan tindakan, mengorganisir masyarakat petani padi, merealisasikan keberlangsungan program hingga melakukan monitoring dan evaluasi. Hasil pemberdayaan petani padi yakni petani padi dapat terlepas dari belenggu tengkulak yang mengendalikanharga beli panen gabah kepada petani dengan harga yang cukup murah karena kelompok petani padi mampu mengolah hasil panen padi menjadi beras kemas kiloan dengan menggunakan alat vacuum sealer dan plastik kemas sehingga produk dapat dipasarkan secara langsung kepada beberapa toko, masyarakat sekitar dan juga media sosial.

Kata Kunci : Pemberdayaan, Keterbelengguan, Petani Padi, Pendampingan, Pemasaran

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyowati, Rindy Sulurindysulu.801@gmail.comB92219125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id196703251994032002
Subjects: Ekonomi
Hubungan Masyarakat
Bisnis
Keywords: Pemberdayaan; keterbelengguan; petani padi; pendampingan; pemasaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rindy Sulu Setyowati
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:35
Last Modified: 01 Feb 2024 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67783

Actions (login required)

View Item View Item