This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lestari, Frida Anggraeni Ayu (2023) Peningkatan keterampilan membaca melalui media game wordwall pada kelompok B TK Unggulan an Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Frida Anggraeni Ayu Lestari_D09219011.pdf Download (4MB) |
|
Text
Frida Anggraeni Ayu Lestari_D09219011_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 25 January 2027. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca anak kelompok B di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan anak yang tidak tuntas sebesar 56% (Belum Berkembag) dan 33% (Mulai Berkembang). Untuk dapat meningkatkan keterampilan membaca, peneliti mengambil tindakan menggunakan media game wordwall, yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapaan media game wordwall dalam meningkatkan keterampilan membaca. 2) Meningkatkan kererampilan membaca melalui media game wordwall pada Kelompok B TK Unggulan An-Nur Surabaya tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kurt Lewin yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yakni 18 anak kelompok B1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan media game wordwall untuk meningkatkan keterampilan membaca pada anak kelompok B TK Unggulan An-Nur Surabaya berhasil dan dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini bisa dibuktikan dengan hasil nilai dari observasi aktivitas guru pada siklus I 68% (Baik) meningkat dengan kriteria (Sangat Baik) pada siklus II yaitu 93%. Begitu pula dengan aktivitas anak pada siklus I 64% (Berkembang Sesuai Harapan) meningkat dengan kriteria (Berkembang Sangat Baik) pada siklus II sebesar 96%. 2) Keterampilan membaca pada anak kelompok B TK Unggulan An-Nur Surabaya mengalami peningkatan Hal ini dibuktikan dengan hasil ketuntasan belajar pada siklus I yaitu tidak ada satupun anak yang dikatakan tuntas. Tetapi pada siklus II sebanyak 15 dari 18 orang anak dapat dikatakan tuntas atau sebesar 83% yang telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Belajar Guru Keterampilan |
||||||||||||
Keywords: | Keterampilan membaca; media game wordwall | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Frida Lestari | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2024 03:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2024 05:31 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67807 |
Actions (login required)
View Item |