Pengembangan bahan ajar Baca Tulis Qur’an (BTQ) berbantu media puzzle card dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis huruf arab sambung bagi siswa MI Tarbiyatul Banin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Yeni (2023) Pengembangan bahan ajar Baca Tulis Qur’an (BTQ) berbantu media puzzle card dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis huruf arab sambung bagi siswa MI Tarbiyatul Banin. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yeni Mahmudah_02041021017 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 June 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Yeni Mahmudah_02041021017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis dalam pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) sangat penting untuk dikuasai siswa sebagai kemampuan awal dalam membaca dan menulis ayat Al-Qur’an. Namun, realitanya di madrasah ibtidaiyah sebagian siswa masih belum lancar dalam membaca dan menulis huruf Arab sambung. Salah satu yang menjadi faktornya yaitu belum digunakannya bahan ajar yang mampu mendorong keterampilan siswa dalam membaca dan menulis huruf Arab sambung, oleh karena itu perlu adanya pengembangan Bahan Ajar Baca Tulis Qur’an (BTQ) utuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Menghasilkan pengembangan Bahan Ajar Baca Tulis Qur’an (BTQ) berbantu Media Puzzle Card, 2) Menunjukkan efektivitas Bahan Ajar Baca Tulis Qur’an (BTQ) berbantu Media Puzzle Card yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis huruf Arab sambung siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Tarbiyatul Banin dengan jumlah 17 siswa. pengumpulan data dilakukan menggunakan Teknik observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, validitas, reliabilitas dan t-test. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Produk yang telah dikembangkan berlandaskan pada tujuan pembelajaran dan kondisi keterampilan siswa dalam membaca dan menulis huruf Arab sambung dengan persentase kevalidan materi 78% dan media 97% , 2) Berdasarkan hasil uji efektifitas yang telah dilakukan menggunakan teknik analisis paired sample t-test menunjukkan bahwa Bahan Ajar Baca Tulis Qur’an (BTQ) berbantu Media Puzzle Card efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis huruf Arab sambung siswa dengan nilai sig. sebesar 0.000.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Yeniyennymahmudah98@gmail.com02041021017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pengembangan bahan ajar; media puzzle card; keterampilan membaca; keterampilan menulis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yeni mahmudah
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:33
Last Modified: 14 Jun 2024 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68139

Actions (login required)

View Item View Item