Penggunaan metode undersampling pada klasifikasi personality calon siswa madrasah dengan algoritma Naive Bayes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusniyah, Asiqotul (2023) Penggunaan metode undersampling pada klasifikasi personality calon siswa madrasah dengan algoritma Naive Bayes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asiqotul Khusniyah_H96219043 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Asiqotul Khusniyah_H96219043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kepribadian setiap individu dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti aspek biologis, lingkungan fisik, kebudayaan, dan pengalaman-pengalaman yang dialami. Dengan adanya klasifikasi dan juga dilakukan feature selection dalam menentukan fitur atau faktor paling berpengaruh pada kepribadian. Pada data yang digunakan memiliki masalah salah satunya penanganan data yang tidak seimbang dalam klasifikasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan teknik resampling data undersampling. Teknik yang digunakan dalam mengatasi permasalahan imbalanced dataset yaitu Random undersampling dan Tomek links. Penelitian ini bertujuan mencari teknik resampling data undersampling terbaik. Penerapan teknik undersampling terbukti dapat meningkatkan kinerja klasifikasi pada data yang tidak seimbang. Terlihat adanya peningkatan dalam nilai presisi, recall dan f1-score setelah dilakukan metode undersampling pada teknik random undersampling dibandingkan sebelum dilakukan metode undersampling. Terlihat adanya peningkatan dalam nilai presisi pada skenario random undersampling sebesar 14% dan pada skenario tomek links 2%, nilai recall mengalami peningkatan pada skenario random undersampling sebesar 6% dan pada skenario tomek links sebesar 1%, dan pada nilai f1-score pada skenario random undersampling meningkat sebesar 10% dan pada skenario tomek links 2% dibandingkan dengan skenario no resampling. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode undersampling resampling data teknik random undersampling memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menyeimbangkan data dibandingkan teknik tomek links.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusniyah, Asiqotulasiqokhusniyah@gmail.comH96219043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Ahmadahmadyusuf@uinsby.ac.id2020019001
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Matematika
Statistik
Tehnik Informatika
Keywords: Metode undersampling; klasifikasi personality; algoritma Naive Bayes
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: asiqotul khusniyah
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:05
Last Modified: 06 Sep 2024 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68386

Actions (login required)

View Item View Item