This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wardani, Syafrina Dyah Kusuma (2024) Analisis pengaruh literasi teknologi ChatGPT terhadap perilaku plagiarisme pada mahasiswa menggunakan Model Decomposed Theory of Planned Behavior. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Syafrina Dyah Kusuma Wardani_H76219033 OK.pdf Download (3MB) |
|
Text
Syafrina Dyah Kusuma Wardani_H76219033 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2027. Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi membawa perubahan yang sangat banyak di kehidupan manusia karena telah menjadi zaman yang mana segala sesuatunya menjadi serba digital (Digital Technology), menjadi lebih instan, segala informasi dapat diperoleh secara cepat hanya dalam hitungan detik. Pada periode Perubahan Industri 4.0, teknologi digital serta kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) digabungkan secara luas. Kemajuan AI ini telah mengakibatkan perubahan yang signifikan di berbagai sektor, termasuk dalam bidang pendidikan dan akademik. Aplikasi Artificial Intelligence (AI) saat ini yang sedang trend dan populer adalah Generative Pre-trained Transformer atau yang biasa dikenal dengan ChatGPT. Keberadaan ChatGPT ini menimbulkan pro dan kontra, pasalnya ChatGPT ini dinilai berpotensi memunculkan tindakan plagiarisme serta melanggar etika akademik. Maka dari itu, penelitian ini mencoba untuk. menguraikan. niat mahasiswa dalam menggunakan ChatGPT untuk melakukan perilaku plagiarisme dengan model Decomposed Theory Of Planned Behavior. Responden penelitian 180 mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan tools AMOS versi 22. Hasil pada penelitian ini memaparkan bahwa behavioral intention dan perceived behavioral control berpengaruh positif dan signifikan terhadap plagiarisme. Attitude dan perceived behavioral control berpengaruh positif signifikan terhadap behaviral intention. Perceived usefulness dan compatibility berpengaruh positif terhadap attitude. Peer influence dan superior’s influence berpengaruh positif terhadap subjective norm. Technology facilitating condition berpengaruh positif terhadap perceived behavioral control. Attitude berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap behavioral intention. Ease of Use berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Attitude. Self Efficacy dan Resource Facilitating Condition berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perceived behavioral control.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Teknologi Teknologi > Teknologi Informasi |
||||||||||||
Keywords: | ChatGPT; Plagiarisme; Decomposed Theory Of Planned Behavior | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi | ||||||||||||
Depositing User: | Syafrina Dyah Kusuma Wardani | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Feb 2024 06:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Feb 2024 06:44 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68426 |
Actions (login required)
View Item |