Konstruksi pemberitaan politik identitas menjelang pemilihan umum 2024: studi terhadap media daring Kompas.com dan Republika.co.id bulan Februari sampai September 2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Taufik (2023) Konstruksi pemberitaan politik identitas menjelang pemilihan umum 2024: studi terhadap media daring Kompas.com dan Republika.co.id bulan Februari sampai September 2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Taufik Hidayat_07020420015 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Taufik Hidayat_07020420015 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Politik identitas telah menjadi isu yang signifikan dalam diskursus demokrasi modern, termasuk di Indonesia. Diskursus ini tidak lepas dari peran media yang mengkonstruksinya sehingga membentuk penilaian sikap dan pandangan publik. Akan tetapi tidak semua pemberitaan media, mencerminkan realitas sesungguhnya. Atas dasar itu, penelitian ini bertujuan untuk menelusuri seperti apa proses konstruksi pemberitaan politik identitas menjelang pemilu 2024 oleh media daring Kompas.com dan Republika.co.id serta bagaimana kecenderungan pemberitaan kedua media. Teori yang digunakan adalah framing Robert N. Entman dan Politik identitas. Menggunakan metode kualitatif. Sumber data terbagi dua: primer yang diperoleh dari website Kompas.com dan Republika.co.id pada bulan Februari sampai September 2023, kemudian sekunder diperoleh dari buku dan jurnal serta artikel yang relevan. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi, memasukkan kata kunci politik identitas pada kolom pencarian kedua media. Selanjutnya data disajikan lalu ditarik kesimpulannya. Adapun temuan penelitian ini yaitu Kompas.com dan Republika.co.id mengkonstruksi politik identitas menjelang pemilu 2024 sebagai masalah sosial politik. Dimanfaatkan oleh aktor politik tertentu untuk kepentingan politik praktis. Sedangkan politik identitas yang sering disorot kedua media adalah agama, yaitu islam. Dengan menonjolkan secara berulang partai Ummat yang mengusung politik identitas dan Ganjar Pranowo yang muncul dalam tayangan adzan. Sedangkan kecenderungan pembingkaian kedua media yaitu hanya menonjolkan aspek polarisasi segregasi, diskriminasi dan konflik sosial dari politik identitas yang beresonansi dengan islam. Kompas.com melakukannya dengan menonjolkan fakta, sedangkan Republika.co.id melakukannya dengan mengutip pendapat pakar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Taufiktaufikasciaz@gmail.com07020420015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko1974@gmail.com2010117401
Subjects: Agama
Adab
Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Politik identitas; framing; media; pemilu 2024
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Taufik Yusuf
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:58
Last Modified: 19 Mar 2024 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68876

Actions (login required)

View Item View Item