This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nadiroh, Nurul (2022) Pengaruh arogansi, kemampuan, peluang, tekanan, rasionalisasi dan motivasi belajar terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa: studi empiris pada mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri program studi S1 akuntansi di Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nurul Nadiroh_G77218050.pdf Download (1MB) |
|
Text
Nurul Nadiroh_G77218050_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 February 2028. Download (1MB) |
Abstract
Adanya pendidikan menjadi instrumen penting bagi pengembangan serta kemajuan dari produktivitas negara. Selain daripada itu, pendidikan juga memiliki peran untuk membentuk etika, karakter dan bakat yang baik bagi sumber daya manusia. Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) namun masih banyak ditemukan praktik kecurangan akademik. Metode pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 25. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 335 sampel yang terdiri dari 9 Universitas Negeri di Jawa Timur.Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial (uji t) bahwa arogansi berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik dengan nilai uji tsebesar 0,000 dan koefisien regresi positif sebesar 0,172. Kemampuan berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik dengan nilai uji t sebesar 0,000 dan koefisien regresi positif sebesar 0,144. Peluang tidak berpengaruh signifikan terhadap kecurangan akademik dengan nilai uji t sebesar 0,839. Tekanan berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik dengan nilai uji t sebesar 0,029 dan koefisien regresi positif sebesar 0,093. Rasionalisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kecurangan akademik dengan nilai uji t sebesar 0,091. Dan yang terakhir motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap kecurangan akademik dengan nilai uji t sebesar 0,291. Uji Simultan (Uji F) menunjukkan bahwa Arogansi, Kemampuan, Peluang, Tekanan, Rasionalisasi dan Motivasi Belajar memiliki tingkat signifikansi dan F hitung>F tabel yaitu sig 0,000<0,05 dan 39.802>2,12.Peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya yakni agar dapat menggunakan variabel lain untuk dapat mengetahui pengaruhnya terhadap Kecurangan Akademik contohnya seperti religiusitas dari segi keagamaan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Akuntansi | ||||||||
Keywords: | Akuntansi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi | ||||||||
Depositing User: | Nurul Nadiroh | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 03:58 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 03:58 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69001 |
Actions (login required)
View Item |