شخصية الشخص الرئيسي في رواية سلامة القس لعلي أحمد باكثير(دراسة علم الأدب النفسي)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktafia, Dewi Nur (2024) شخصية الشخص الرئيسي في رواية سلامة القس لعلي أحمد باكثير(دراسة علم الأدب النفسي). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi nur oktafia_03010120007.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dewi nur oktafia_03010120007_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur kepribadian tokoh utama dalam novel "Salamah Al Qass" karya Ali Ahmad Bakathir, dengan fokus pada tokoh Abdurrahman dan Salamah. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra, khususnya teori Sigmund Freud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kepribadian tokoh Abdurrahman ditandai oleh kekuatan tekad, kesetiaan pada wasiat ibunya, keterlibatan dalam kegiatan keagamaan, ambisi untuk sukses, dan kemampuan membantu sesama. Cinta pada Salamah tidak hanya menjadi romantisme, tetapi juga mendorong pertumbuhan pribadinya. Sementara itu, tokoh Salamah memiliki kehidupan emosional yang kompleks, terutama setelah kehilangan Abdurrahman. Pengalaman di istana Ibnu Rumanah membuka pandangan baru dalam seni tarik suara, yang membawa perubahan dalam pandangan hidupnya. Keterlibatannya dalam seni menjadi medium ekspresi emosional dan pengembangan kepribadian yang dinamis.Di dalam penelitian di temukan struktur kepribadian tokoh utama meliputi: 1.Id 15 , 2. Ego : 16, 3. Superego : 16. Faktor-faktor yang mempengaruhi kedua tokoh utama melibatkan aspek genetik, lingkungan, dan pengalaman hidup. Faktor genetik mencakup bakat seni Salamah, sementara lingkungan keluarga dan sosial memainkan peran penting dalam membentuk karakter Abdurrahman. Pengalaman hidup, seperti kematian ibu Abdurrahman, juga memengaruhi pandangan hidup dan perkembangan karakter keduanya. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman kompleksitas karakter dalam "Salamah Al Qass" dengan mengintegrasikan faktor-faktor psikologis dan sastra.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktafia, Dewi Nurdewinuroktafia18@gmail.com03010120007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurfathurrohim0169@gmail.com2025016901
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinawi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Bahasa Arab
Psikologi
Sastra
Keywords: Psikologi sastra; kepribadian; novel; Salamah Al Qass; Ali Ahmd Bakathir
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Dewi nur oktafia Zaenu
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:28
Last Modified: 21 Mar 2024 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69081

Actions (login required)

View Item View Item