فعالية استخدام وسيلة التعليم الإلكتزونية "Proprofs " لترقية مهارة القراءة لطلاب الفصل السابع بمدرسة الإمام الشافعي المتوسطة سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiyanti, Aisyah Briliani (2023) فعالية استخدام وسيلة التعليم الإلكتزونية "Proprofs " لترقية مهارة القراءة لطلاب الفصل السابع بمدرسة الإمام الشافعي المتوسطة سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Briliani Widiyanti_D92217041 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Aisyah Briliani Widiyanti_D92217041 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan berbahasa Arab terdiri dari empat yaitu keterampilan membaca, keterampilan menulis, keterampilan mendengar dan keterampilan berbicara. Membaca adalah salah satu keterampilan yang penting dalan memahami teks Bahasa Arab dan penulisannya. Di MTs Imam Syafi’i Surabaya peneliti menemukan bahwa kurangnya kemampuan siswa dalam membaca. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap Bahasa Arab dikarenakan metode pembelajaran yang kurang kretaif dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui maharah qira’ah siswa kelas 7 MTs Imam Syafi’i Surabaya. 2) untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran elektronik Proprofs untuk meningkatkan maharah qira’ah siswa kelas 7 MTs Imam Syafi’i Surabaya. 3) untuk mengetahui efektifitas penerapan penggunaan media pembelajaran elektronik Proprofs untuk meningkatkan maharah qira’ah siswa kelas 7 MTs Imam Syafi’i Surabaya. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan beberapa instrumen dalam penelitian yang sesuai dengan pembahasan seperti observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Menggunakan rumus paired sample t test untuk menganalisis data dan sampelnya adalah siswa kelas 7-B dengan jumlah 28 siswa. Adapun hasil penelitian ini adalah diteapkan bahwa T_(Hitung )adalah (7,781) > T_Tabel adalah (2,084). Maka disimpulkan H_o ditolak H_a diterima, maka dengan demikian hipotesis diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiyanti, Aisyah Brilianiaisyahbrel@gmail.comD92217041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Thesis advisorBakar, Yunus Abuelyunusy@gmail.com2015036501
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Keywords: Efektifitas; Media Pembelajaran; Proprofs; Maharah Qiroah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aisyah Briliani
Date Deposited: 05 Apr 2024 01:43
Last Modified: 05 Apr 2024 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69484

Actions (login required)

View Item View Item