Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran Matematika kelas 5 MINU Ngingas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maharani, Alissa Putri (2024) Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran Matematika kelas 5 MINU Ngingas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alissa Putri Maharani_06040720062 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Alissa Putri Maharani_06040720062.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah peserta didik lemah dalam kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika dan kebanyakan guru memberikan soal tingkat rendah kepada peserta didik sehingga kurang menggiring untuk berpikir kritis. Mereka juga kurang memahami konsep dari penyelesaian soal, tidak mampu memecahkan masalah, dan memiliki tingkat kemampuan berpikir yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas V MINU Ngingas sebelum diberikan perlakuan, mengetahui kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas V MINU Ngingas setelah diberikan perlakuan, dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas V MINU Ngingas setelah diterapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent pre-test post-test control group design. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan jurnal harian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji N-gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan awal berpikir kritis antara peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan (pre-test) tidak jauh berbeda. Berdasarkan uji statistika deskriptif kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 51.43 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 45.43. Kemampuan awal berpikir kritis antara peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan (Post-test) memperoleh nilai rata-rata yang berbeda. Berdasarkan uji statistika deskriptif kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 77.71 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 56. Setelah diberikan perlakuan berupa penggunaan LKPD berbasis HOTS, kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen meningkat. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh skor rata-rata sebesar 0.38 dengan kriteria sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maharani, Alissa Putrialissaputrimaharani@gmail.com06040720062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Keterampilan
Matematika
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); High Order Thinking Skill (HOTS); kemampuan berpikir; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alissa Putri Maharani
Date Deposited: 13 May 2024 05:29
Last Modified: 13 May 2024 05:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69668

Actions (login required)

View Item View Item