Fenomena penggunaan digital payment (Cashless And Cardless) pada Generasi Z di Kelurahan Tanah Sereal Kota Jakarta Barat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Dini (2024) Fenomena penggunaan digital payment (Cashless And Cardless) pada Generasi Z di Kelurahan Tanah Sereal Kota Jakarta Barat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dini Handayani_10020320039 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dini Handayani_10020320039 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Era digitalisasi saat ini, memberikan dampak perubahan pada kehidupan manusia yang signifikan, termasuk pada transaksi keuangan menjadi digital. Cashless and cardless merupakan cara pembayaran tanpa memberikan uang tunai secara langsung, namun merupakan cara pembayaran secara nontunai atau digital. Generasi Z sebagai subjek dalam penelitian ini akan ditelaah bagaimana pengambilan keputusan mereka secara rasional dalam penggunaan digital payment. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan pendekatan kualitatif fenomenologi. Penelitian ini juga dikaitkan dengan teori pilihan rasional yang dicetuskan oleh James S. Coleman. Dengan menerapkan teori pilihan rasional ini, kita dapat lebih memahami bagaimana Generasi Z membuat keputusan terkait penggunaan digital payment. Faktor-faktor seperti efisiensi, pengaruh sosial, kemudahan, pilihan individu, dan peran teknologi menjadi kunci dalam memahami fenomena ini dari perspektif teori Coleman. Dalam hal kesiapan Indonesia menghadapi fenomena cashless and cardless society ini masih banyak yang perlu disiapkan, yang berarti Indonesia belum sepenuhnya siap. Jaringan internet harus stabil atau menyediakan internet gratis di ruang publik dan meratanya jaringan internet hingga ke pelosok, pemahaman dan pengetahuan akan penggunaan digital payment, literasi keuangan, merupakan suatu hal yang perlu dipersiapkan lagi oleh Indonesia untuk menjadi cashless and cardless society secara menyeluruh hingga ke pelosok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Dini29dinihandayani@gmail.com10020320039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Subjects: Internet
Remaja, Gaya hidup
Sosiologi
Keywords: Digital payment (cashless and cardless); generasi Z; digitalisasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: DINI DINI HANDAYANI
Date Deposited: 17 Apr 2024 07:54
Last Modified: 17 Apr 2024 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69699

Actions (login required)

View Item View Item