Pengaruh media flashcard terhadap hasil belajar kosakata bahasa Inggris kelas 1 di MIN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Luluk Fuadatul (2024) Pengaruh media flashcard terhadap hasil belajar kosakata bahasa Inggris kelas 1 di MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Fuasatul Latifah_06040720082 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Luluk Fuasatul Latifah_06040720082.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mencapai suatu kompetensi dasar dan tujuan pengajaran itu sendiri. Hal ini terjadi karena peserta didik kurang menguasai kosakata dalam Bahasa Inggris sehingga berpengaruh pada pencapaian kompetensi. Mereka sering kesulitan memahami arti sebuah kata karena pemahaman dalam kosakata relative kurang. Akibatnya proses pencapaian suatu kompetensi dasar akan berjalan lebih lama. Metode yang guru gunakan dalam pembelajaran dapat dibilang kurang bervariasi dan mengakibatkan kurang berpengaruh dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen quasi yang berjenis Nonequivalent (Pretest and Postest) Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media flashcard sedangkan variabel terikatnya adalah penguasaan kosakata Bahasa Inggris peserta didik kelas I MIN 1 Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan juga kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest-posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas deskripsi data, uji normalitas, uji hipotesis dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya data nilai hasil belajar materi How Are You melalui tes pilihan ganda peserta didik kelas eksperiment sebanyak 20% meraih nilai 80, kemudian 43% meraih nilai 90, dan sisanya 37% meraih nilai 100. Dengan demikian peneliti mendapatkan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 91,67. Hal ini berbanding balik dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan menggunakan media sehingga nilai rata-rata yang didapat pada kelas ini hanya 62.64. selain itu hasil uji t membuktikan nilai (sig-2 tailed) pada kedua variabel sebanyak 0,000 yang kurang dari 0,005. Sehingga dari sini dapat diketahui bahwa penggunaan media flashcard dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kosakata Bahasa Inggris di kelas I di MIN 1 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Luluk Fuadatul06040720082@student.insby.ac.id06040720082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengaruh media flashcard; hasil belajar; kosakata bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Luluk Fuadatul Latifah
Date Deposited: 19 Apr 2024 03:52
Last Modified: 19 Apr 2024 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69721

Actions (login required)

View Item View Item