Studi komparasi prestasi belajar Bahasa Arab bagi santri yang menetap dengan yang tidak menetap di Pondok Pesantren Jawahirul Hikmah Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanim, Kholifah (1999) Studi komparasi prestasi belajar Bahasa Arab bagi santri yang menetap dengan yang tidak menetap di Pondok Pesantren Jawahirul Hikmah Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: bagaimana pelaksanaan pengajaran bahasa Arab di pondok pesantren Jawahirul Hilkah, adakah perbedaan prestesi belajar santri yang menetap dan yang tidak menetap dalam materi bahasa Arab, faktor-faktor apakah yang mempengaruhi prestasi belajar santri yang menetap dan yang tidak menetap di Pondok tersebut. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini dengan populasinya semua santri, baik yang menetap maupun yang tidak menetap berjumlah 250 santri, dan sampelnya diambil 20% dibagi 2 dari yang menetap maupun yang tidak menetap dengan randon atau acak, Sedang metode pengumpulan data dengan memakai metode observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Sedang analisa datanya menggunakan analisis statistic yang diperoleh dengan angket dan teknik test. Data yang diperoleh dengan angket dianalisis secara prosentase dengan memakai rumus:
F
P = ------- X 100
N
P = Prosentase
F = Frekwensi
N = Jumlah Subyek
Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) mengingat bahasa Arab itu mampu menggali dan mengkaji segala ilmu pengetnhuan dalam ajaran Islam serta sumber dan ajaran agama Islam banyak yang memakai kitab-kitab yan berbahasa Arab. Sehingga prosas belajar mengajar di pondok pesantren tersebut dalam pelaksanaan menqjarnya memakai bahasa Arab agar santri dapat memaharni, menghayati tata bahasa yang baik, (2) pertandingan prestasi belajar bahasa Arab bagi santri yang meoetap dengan santri yang tidak menetap di pondok pesantuen Jawaahirul Hikmah Waru Sidoarjo ditenrukan perbedaan ini berarti hipotesa kerja diterima dan hepotesa nihil ditolak Karena melihat prestasi beajar santri yang menetap di pondok dengan nilai rata-rata 78,6 sedangkan prestasi belajar santri yang tidak menetap di pindok dengan nilai rata-rata76, (3) prestasi belajar bahasa Arab bagi santri yang menetap di pondok Pesantren tersebut adalah dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya faktor diri sendiri, karena giat tidaknya belajar dipengaruhi oleh diri sendiri. Faktor lingkungan juga turut mendukung karena di dalam pondok santri lebih mudah untuk mengembangkan moteri bahasa Arab bagi santri yang tidak menetap di pondok di peqgmrhi oleh lingkungan di sekitarnya sebab apabila temannya nengajak bermain akan bisa melalaikan untuk belajar, sehingga bisa menyebabkan prestasinya menurun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanim, Kholifah-D01395077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, A--
Subjects: Bahasa Arab
Psikologi Belajar
Keywords: Belajar bahasa arab; santri; pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2016 01:50
Last Modified: 28 Sep 2021 12:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6988

Actions (login required)

View Item View Item