Respon dinas kebudayaan pariwisata kepemudaan dan olah raga terhadap verifikasi hasil arah kiblat pada destinasi wisata religi Kota Madiun (Masjid Kuno Taman dan Kuncen)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Lintang Putri (2024) Respon dinas kebudayaan pariwisata kepemudaan dan olah raga terhadap verifikasi hasil arah kiblat pada destinasi wisata religi Kota Madiun (Masjid Kuno Taman dan Kuncen). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lintang Putri Rahma_05020620022.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Lintang Putri Rahma_05020620022_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Arah kiblat dalam konteks keagamaan memiliki peran penting dalam pelaksanaan ibadah, khususnya salat, sehingga verifikasi dan pemastian keakuratan arah kiblat menjadi hal yang esensial. Rumusan masalah terfokus pada sejarah penentuan arah kiblat, akurasi arah kiblat, dan pandangan Disbudparpora terhadap arah kiblat kedua masjid tersebut. Metode penelitian lapangan digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang fenomena ini dengan memanfaatkan data primer melalui wawancara dengan pihak terkait, seperti juru kunci dan pengelola masjid, serta data sekunder dari jurnal dan dokumen terkait. Pengumpulan data dilakukan dengan melibatkan pihak Disbudparpora selanjutnya, analisis data dilakukan untuk mengevaluasi tanggapan dan respons Disbudparpora terhadap hasil verifikasi arah kiblat pada kedua masjid tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya penyimpangan signifikan pada arah kiblat Masjid Kuno Taman Madiun dan Masjid Kuncen Madiun, mencapai 17 hingga 20 derajat dari perhitungan yang sebenarnya. Beberapa faktor seperti penggunaan metode penentuan arah matahari pada masa awal pembangunan dan kemungkinan pengaruh pergerakan lempeng bumi atau gempa bumi menjadi penyebab potensial penyimpangan ini. Dalam responnya, Disbudparpora menyadari keterbatasan untuk mengubah arah kiblat masjid-masjid kuno yang telah diakui sebagai cagar budaya dan destinasi wisata religi. Disbudparpora berkomitmen untuk tetap terlibat dalam pelestarian dan pelindungan cagar budaya, termasuk merumuskan standar vi pemeliharaan dan pengawasan masjid kuno.penelitian ini diharapkan dapat menjawab rumusan masalah yang telah disampaikan Sebelumnya dan dapat memberikan gambaran tentang sejauh mana Disbudparpora terlibat dalam proses verifikasi arah kiblat pada destinasi wisata religi. Pemahaman terhadap respons tersebut diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran terkait upaya pemeliharaan dan pelestarian arah kiblat sebagai bagian dari cagar budaya dan keberlangsungan fungsi religius destinasi wisata tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Lintang Putrilintangrahma2@gmail.com05020620022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@GMAIL.COM0716088604
Subjects: Falak
Keywords: Arah kiblat; akurasi arah kiblat; pandangan Disbudparpora terhadap arah kiblat; masjid
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Lintang Putri Rahma
Date Deposited: 13 May 2024 04:34
Last Modified: 13 May 2024 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70005

Actions (login required)

View Item View Item