Teknik cognitive restructuring dengan metode muhasabah untuk mengelola self acceptance pada mahasiswa semester akhir di Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rafif, Naufal Dhiaullhaq (2023) Teknik cognitive restructuring dengan metode muhasabah untuk mengelola self acceptance pada mahasiswa semester akhir di Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naufal Dhiaullhaq Rafif_B73218103 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Naufal Dhiaullhaq Rafif_B73218103 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif serta analisa diskriptif komparatif agar dapat menjelaskan problematika tersebut. Sumber data primer dari penelitian ini adalah seorang mahasiswa semester akhir. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara serta home visit. Dalam pelaksanaan penelitian ini, diambil sebuah kesimpulan, yaitu dengan aplikasi teknik cognitive restructuring yang memiliki korelasi dengan Metode muhasabah yang mana dalam teknik dan Metode tersebut mengutamakan memberikan perbaikan pada diri konseli, agar konseli bisa menerima keadaan yang sedang dihadapi oleh konseli tersebut. dengan membuang sifat atau kepribadian yang negatif dan dirubah menjadi kepribadian dan sifat yang positif. Seperti sifat emosional dan tidak mudah bergaul konseli mulai dapat di kendalikan. Dimana konseli mulai beraktifitas dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya, serta mulai bisa mengendalikan emosinya sendiri menjadi lebih terkontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rafif, Naufal Dhiaullhaqnopalrafif30@gmail.comB73218103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil--2015066501
Subjects: Bimbingan Konseling
Komunikasi Dalam Islam
Masalah sosial
Pemikiran
Keywords: Cognitive Restructuring; Metode Muhasabah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Naufal Dhiaullhaq Rafif
Date Deposited: 18 May 2024 01:41
Last Modified: 18 May 2024 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70034

Actions (login required)

View Item View Item