Internalisasi nilai-nilai moral dan agama melalui metode Bermain Peran di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dianah, Nur Da'iyah (2023) Internalisasi nilai-nilai moral dan agama melalui metode Bermain Peran di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Da'iyah Dianah_D99218063 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Da'iyah Dianah_D99218063 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Proses Internalisasi melalui bermain peran ini memberikan contoh kehidupan perilaku manusia yang berguna sebagai sarana yang positif bagi anak untuk menggali perasaannya, memperoleh inspirasi dan pemahaman yang berpengaruh pada sikap, nilai dan persepsinya, mengembangkan keterampilan dan sikap dalam memecahkan masalah, serta memahami pelajaran dengan berbagai macam cara. Anak diharapkan dapat menghayati peranan apa yang dimainkan dalam permainan peran tersebut dan mampu menempatkan diri terhadap situasi orag lain yang dikehendaki oleh guru. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi anak ketika mereka sudah berada di tengah masyarakat kelak, karena ia akan menempatkan diri dalam situasi dimana begitu banyak peran terjadi. Seperti dalam lingkungan keluarga, bertetangga, lingkungan kerja, dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus di RA Darunn Najah Sukodono Sidoarjo. Sedangkan temuan sekaligus jawaban dari rumusan masalah yaitu Internalisasi nilai-nilai moral dan agama melalui metode bermain peran di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo, dimulai dari pijakan sebelum bermain seperti memberikan pemahaman sikap moral dalam jual beli serta aturan main sampai pijakan setelah bermain yakni recalling, terakhir menerangkan pesan moral yang terkandung dalam kegiatan tersebut Hasil penerapan Internalisasi nilai-nilai moral dan agama melalui metode bermain peran di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo, Anak mulai mampu bersabar menunggu giliran, berbicara dengan sopan, melakukan kegiatan dengan tertib dan patuh pada peraturan, saling menghargai dan mau mengakui kesalahan serta meminta maaf. Nilai-nilai moral dan agama dalam metode bermain peran di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo diantaranya anak dapat mengerjakan ibadah sehari-hari serta berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, anak dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan, berperilaku sopan santun dan jujur, serta anak dapat menolong orang-orang di sekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dianah, Nur Da'iyahsholihahmaratus179@gmail.comD99218063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Internalisasi nilai moral dan agama; metode Bermain Peran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2024 02:34
Last Modified: 14 May 2024 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70061

Actions (login required)

View Item View Item