الافتراض المسبق لشخصية أبى بكر في رواية ممو زين لرمضان البوطى (دراسة تحليلية تداولية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fidiati, Asfira (2024) الافتراض المسبق لشخصية أبى بكر في رواية ممو زين لرمضان البوطى (دراسة تحليلية تداولية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asfira Fidiati_03010120004.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Asfira Fidiati_03010120004_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Dalam karya sastra terkadang terdapat makna tuturan yang disampaikan secara tersurat seperti halnya dalam sebuah nove. Hal inilah yang menjadikan kendala bagi pencinta novel dalam menerima (memahami) maksud yang disampaikan oleh penulis. Untuk itu kajian praanggapan bisa kita jadikan sebagai acuan untuk memahami makna dibalik setiap ujaran yang terdapat dalam novel. Novel Mamo Zein merupakan sebuah kisah cinta romantis yang menyayat hati, dimana sang pecinta terpikat oleh pesona kecantikan sang pujaan hati. Namun semuanya hanya harapan yang tersisa, dan mereka tidak dapat bersatu akibat api fitnah dan hasutan Abu Bakar kepada semua orang untuk menentang hubungan cinta mereka. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Menjelaskan jenis-jenis praanggapan tokoh Abu Bakar dalam novel Mamo Zein karya Ramadhan El-Bouthy, (2) menjelaskan makna yang tersembunyi dibalik jenis-jenis praanggapan tokoh Abu Bakar dalam Novel Mamo Zein karya Ramadhan El-Bouthy.Penelitian ini menggunakan pendekatan secara teoritis dengan berfokus terhadap kajian pragmatik dan secara metodologis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu dengan mencatat tuturan Abu Bakar yang ada dalam Novel, dan kemudian mengklasifikasikan bentuk praanggapan yang telah ditemukan berdasarkan teori Yule. Hasil penelitian disajikan dengan menggunakan metode informal. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat lima belas tuturan dengan enam jenis praanggapan yang diterapkan tokoh Abu Bakar dalam novel Mamo karya Ramadhan Al-Buethi, yaitu: (1) praanggapan eksistensial satu tuturan,yakni praanggapan yang bermakna bahwasanya adanya asumsi mengenai suatu entitas, (2) praanggapan faktif dua tuturan, yakni praanggapan yang memiliki makna bahwasanya terdapat informasi yang diasumsikan sesuatu yang nyata atau fakta, (3) praanggapan non faktif sebesar lima tuturan, yakni praanggapan yang memiliki makna bahwasanya adanya sesuatu yang dianggap tidak benar, (4) praanggapan leksikal tiga tuturan, yakni praanggapan yang memiliki makna bahwasanya terdapat makna lain atau makna tersirat yang dapat dipahami, (5) praanggapan struktural dua tuturan, yakni praanggapan yang memiliki makna bahwasanya terdapat informasi mengenai sesuatu dalam tuturan yang berbentuk kalimat tanya atau struktur 5W1H, dan (6) praanggapan kontrafaktual dua tuturan, yakni praanggapan yang memiliki makna bahwasanya tidak hanya mengasumsikan sesuatu yang tidak benar tetapi juga bertentangan dengan kenyataan yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fidiati, Asfiraasfirafidiati14@gmail.com03010120004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Pragmatik; praanggapan; novel Mamo Zein
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Asfira Fidiati
Date Deposited: 16 May 2024 01:47
Last Modified: 16 May 2024 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70091

Actions (login required)

View Item View Item