This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dwiki, Mochamad Alfi (2023) Strategi kampanye pilkada serentak pada masa pandemi covid-19: studi tim pemenangan pasangan Ahmad Mudhlor Ali dan Subandi di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel surabaya.
Text
Mochamad Alfi Dwiki_I01219019.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mochamad Alfi Dwiki_I01219019_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2027. Download (3MB) |
Abstract
Pilkada serentak tahun 2020 diselenggarakan pada masa pandemi termasuk, Kabupaten Sidoarjo. Permasalahan yang dikaji adalah menganalisis cara atau strategi tim pemenangan Ahmad Mudhlor- Subandi dalam kemenangan pilkada terutama saat kampanye. Hal ini dikarenakan background orang tua Ahmad Mudhlor Ali Adalah Kyai Besar dan berpengaruh di Sidoarjo ditampilkan pada poster paslon Ahmad Mudhlor Ali- Subandi dan diselenggarakan masih pada kondisi pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi kampanye pasangan calon Ahmad Mudhlor- Subandi dalam Pilkada serentak di Kabupaten Sidoarjo pada masa pandemi Covid-19, beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti; wawancara mendalam, observasi non-partisipatif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik analisis kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Teori yang digunakan adalah Petronase dan Klientelisme dari Edward Asspinal. Dari hasil penelitian ini ditemukan terkait strategi Ahmad Mudhlor AliSubandi bahwa; Strategi yang digunakan meliputi membentuk tim inti yang terdiri tim koalisi partai dan Ormas, tim relawan hingga tim kecil pada setiap Kecamatan, Menyusun agenda kegiatan kampanye, menggerakkan visi-misi dan program kerja identic dengan Dalam kampanyenya Ahmad Muhdlor Ali dan Subandi juga menekankan bahwasannya Sidoarjo akan berubah tidak seperti kemarin - kemarin. Ahmad Muhdlor Ali dan Subandi aan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing dan memiliki akhlak yang baik. Selain itu Ahmad Muhdlor dan Subandi juga mempercepat pertumbuhan dengan mempertimbangkan lingkungan serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, cepat dan transparan. Memperkuat image pemimpin dan pemanfaatan media sosial sebagai sarana yang paling berpengaruh pada pasangan calon dengan tujuan untuk mempertahankan pemilih tetap dan mensosialisasikan kepada pemilih pemula sekaligus mengajak untuk memberi dukungan untuk menggunakan hak pilihnya. tim pemenangan Ahmd Mudhlor Ali- Subandi menggunakan salah satunya background orang tua untuk menjadi perhatian masyarakat dengan sosok ulama karismatik dan berpengaruh di Sidoarjo yakni Kyai Agoes Ali Masyhuri Faktor yang menjadi pendukung kesuksesan strategi kampanye pasangan Ahmad Mudhlor Ali- Subandi antara lain berasal dari ketokohan orang tua, dukungan elite politik, Serta Dukungan dari warga nadhyin karena terpengaruh dari orang tua dari Ahmad Mudhlor ali dan citra yang baik. Sedangkan faktor yang menghambat kesuksesan strategi kampanye antara lain isu politik Identitas, Money Politic, disefektifitas pertemuan terbatas, dan perbedaan persepsi dalam pengambilan keputusan per-daerah. Strategi kampanye tersebut menghantarkan pasangan Ahmad Mudhlo Ali- Subandi Terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo periode 2020-2025
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ideologi Politik Politik |
||||||||
Keywords: | Strategi politik | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik | ||||||||
Depositing User: | Mochamad Alfi Dwiki | ||||||||
Date Deposited: | 16 May 2024 01:57 | ||||||||
Last Modified: | 16 May 2024 02:00 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70093 |
Actions (login required)
View Item |