Strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Bromo pasca Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuadi, Mukhammad Syafirul (2024) Strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Bromo pasca Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mukhammad Syafirul Fuadi_B75218070 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2027.

Download (13MB)
[img] Text
Mukhammad Syafirul Fuadi_B75218070.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini membahas strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Gunung Bromo pasca pandemi COVID-19. Pandemi telah memberikan dampak serius pada sektor pariwisata, termasuk penurunan kunjungan wisatawan ke destinasi populer seperti Gunung Bromo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang efektif dalam merespons perubahan perilaku konsumen dan menciptakan kesadaran positif terkait wisata Bromo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan perwakilan Dinas Pariwisata, analisis dokumen terkait kampanye pemasaran, serta observasi langsung terhadap implementasi strategi komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan adalah membuat gerakan April Move, penyelenggaraan acara Travel Agent Gathering, dan melakukan promosi Event East Java Fashion Harmony. Sedangkan strategi komunikais pemasaran yang dilakukan pasca Pandemi Covid-19 adalah program Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) dan berpartisipasi dalam Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuadi, Mukhammad Syafirulmuch.firul@gmail.comB75218070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Ilmu Komunikasi
Pemasaran
Keywords: Strategi komunikasi; Dinas Pariwisata; wisata Bromo; pandemi Covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mukhammad Syafirul Fuadi
Date Deposited: 20 May 2024 03:17
Last Modified: 20 May 2024 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70105

Actions (login required)

View Item View Item